E-Learning Unpad Presentasikan 2 Paper pada 2nd Annual Internasional Conference-Education & e-Learning (Eel 2012) di Bali

Dr. Jenny Ratna Suminar (kiri) dan drg. Dani R. Firman (kanan).*

[Unpad.ac.id, 20/09/2012] Teknologi memiliki peran yang cukup besar dalam proses pendidikan. Melalui teknologi, revolusi cara belajar juga telah beralih dari cara tradisional berupa tatap muka secara langsung. Penggunaan teknologi tersebut berhasil menjembatani kesenjangan belajar lintas batas.

Dr. Jenny Ratna Suminar (kiri) dan drg. Dani R. Firman (kanan).*

ELearning Unpad, salah satu UPT yang berada di bawah naungan Unpad telah berhasil mengembangkan teknologi dalam pendidikan. Keberadaannya selama ini telah menumbuhkan modus fleksibel dalam proses pendidikan. Dalam rangka memperkenalkan proses pembelajaran berbasis teknologi yang dilakukan E-Learning Unpad, maka E-Learning Unpad berkesempatan mempresentasikan 2 paper pada 2nd Annual Internasional Conference-Education & ELearning (Eel 2012) di Holiday Inn Resort Bali, Selasa-Rabu (18-19/09) kemarin.

Pada hari pertama, ELearning Unpad berkesempatan memaparkan penelitiannya yang merupakan hasil dana Hibah e-Learning Dikti 2011. Berjudul “Blended Learning as a Fieldwork Project Preparation Learning Method among Three Dental School in West Java Indonesia: Project-Based and Collaborative Learning in Dental Health Education” makalah ini dipresentasikan oleh drg. Dani R. Firman, dosen dari Fakultas Kedokteran Gigi Unpad yang juga aktif mengembangkan e-Learning di Unpad.

Sedangkan, di hari kedua Dr. Jenny Ratna Suminar yang juga ketua UPT E-Learning Unpad menampilkan makalah berjudul “Online Course: Media Empowering in Education Process, case study of LMS Moodle Using with Blended Learning Method in Universitas Padjadjaran”.

“ Tampil di Hari kedua dari dua hari konfrensi di Bali memaparkan data hasil penelitian yang dilakukan secara internal pada  2011 mengenai jumlah dosen dan mata kuliah yang melaksanakan kuliah online dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS),” ujar Dr. Jenny.

Salah satu hal menarik yang juga merupakan sebuah kebanggaan dengan hadirnya E-learning Unpad dalam konferensi internasional ini yaitu bahwa ternyata paper yang berasal dari Unpad ini merupakan satu-satunya paper dari negeri Indonesia. “Ternyata dua makalah dari Unpad ini merupakan peserta dari Indonesia karena peserta lainnya adalah dari negara-negara lain,” tambah Dr. Jenny.

Konferensi ini sendiri merupakan agenda tahunan Global Science & Technology Forum (GSTF) sebuah lembaga yang berdedikasi pada bidang penelitian dan pengembangan antardisiplin ilmu yang berkedudukan di Singapura. Pada kesempatan pertemuan ini ada tiga bidang keilmuan yang dijadikan topik bahasan. E-Learning Unpad sendiri mengikuti bidang e-Learning dengan 50 pemakalah dari berbagai negara, di antaranya Australia, Bahrain, USA, India, Thailand, Hongkong, Jepang, UK, Malaysia, Jordan, Kuwait, Saudi Arabia, dan Indonesia.

Makalah-makalah yang terkumpul dalam konferensi ini sendiri nantinya akan masuk kedalam beberapa jurnal internasional. “Hal menarik lain dari international conference ini adalah terindeksnya pada EBSCO, CrossRef, Proquent serta tersubmit ke Scopus, Science Direct, Cabell’s Directories,” tandas Dr. Jenny.*

Rilis oleh: E-Learning Unpad/ind*

Share this: