Forsi Unpad 2012 Diharapkan Dapat Mempererat Civitas Unpad

Salah satu tim perwakilan fakultas berpawai pada pembukaan Forsi Unpad 2012, Selasa (18/09).* (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id., 18/09/2012] Untuk memeriahkan Dies Natalis ke-55 Unpad khususnya dalam bidang olah raga dan seni, Unpad menggelar Festival Olah Raga, Seni, dan Kewirausahaan (Forsi) Unpad 2012 yang melibatkan seluruh civitas Unpad, baik mahasiswa, tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.

Salah satu tim perwakilan fakultas berpawai pada pembukaan Forsi Unpad 2012, Selasa (18/09).* (Foto: Tedi Yusup)

Wakil Rektor III Unpad,Dr. dr. med. Setiawan, berharap agar Forsi Unpad 2012 ini dapat menjunjung tinggi sportivitas dan dapat menghilangkan sekat pemisah antar fakultas di Unpad. Harapan tersebut disampaikan Dr. Setiawan saat memberikan sambutan di acara pembukaan event dua tahunan tersebut pada hari Selasa (18/09) di Area Gerbang Lama Kampus Unpad Jatinangor.

“Forsi ini adalah sebuah festival, bukan hanya berbicara tentang kemenangan namun harus ada keceriaan. Setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan ada keceriaan dan dapat membuat hubungan di antara mahasiswa itu tidak lagi dibatasi oleh sekat-sekat fakultas,” ungkap Dr. Setiawan.

Ia pun menekankan, Forsi menjadi bagian yang sangat penting dalam memajukan Unpad. Kegiatan yang menjadi rangkaian dari Dies Natalis ke-55 Unpad ini dapat berperan dalam menumbuhkan kembali semangat keceriaan, kebersamaan,  dan kekompakan  civitas akademikanya. Senada dengan Dr. Setiawan, Presiden BEM Kema Unpad, R.M. Tanri Arrizasyifaa., mengungkapkan Forsi sejatinya bisa menjadi panggung bagi mahasiswa agar selalu terasah kualitasnya.

“Forsi ini diharapkan bisa menjadi panggung bagi teman-teman untuk mengasah potensinya. Saya yakin mahasiswa di Unpad ini memiliki potensi-potensi yang luar biasa agar bisa terasah kualitasnya dan dapat dikenal secara luas,” ujar Tanri.

Acara pembukaan Forsi 2012 ini dimulai dengan pawai perwakilan fakultas mengelilingi kampus Unpad Jatinangor. Sekitar pukul 3 sore kemarin, pawai mulai berarak beriringan dengan rute yang telah dipersiapkan. Masing-masing fakultas pun berlomba menampilkan aksi-aksi unik di dalam pawai tersebut.

Kegiatan Forsi 2012 ini digelar dari tanggal 18 September hingga 19 Oktober 2012 dengan tema “Karnapal: Kreatif, Aplikatif, Enterpreneurship, Fun, and Profesional”. Ada beberapa cabang olahraga yang dilombakan, seperti bola voli, basket, badminton, catur, futsal, tenis meja, bridge/remi, triathlon, dan perahu. Sementara untuk bidang seni akan dilombakan vocal group, tari kreasi, dance cover, band, film pendek, fotografi, dan green fashion.  Selain itu diadakan pemilihan Duta Putra Putri Padjadjaran (PPP) dengan peserta perwakilan dari tiap-tiap fakultas.

Forsi kali ini pun berbeda dengan Forsi sebelumnya, yakni penambahan satu bidang lomba yakni Kewirausahaan dengan melombakan lomba Bazar Kewirausahaan. Menurut Ketua Pelaksana Forsi Unpad 2012, Rizki Ardiansyah, masuknya bidang kewirausahaan ke dalam Forsi diharapkan dapat menampung minat dan bakat sivitas akademika Unpad.

“Saya harapkan kita semua dapat menyukseskan Forsi Unpad 2012 ini. Untuk para kontingen, tetap junjung tinggi sportivitas, profesionalisme, dan mari kita tunjukkan bahwa mahasiswa Unpad adalah satu, satu Unpad!” tegas Rizki.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar*

Share this: