[Unpad.ac.id, 10/09/2012] Sebuah komunitas dapat muncul, tumbuh, dan berkembang dimana pun, tak terkecuali di  dalam kampus. Para mahasiswa Unpad sendiri telah banyak melahirkan berbagai macam komunitas unik yang diharapkan dapat menjadi wadah mereka guna menyatukan persamaan pandangan, tujuan, maupun hobi.

Salah satu anggota Pamanten sedang beraksi dalam Pra-Event Forsi 2012, Senin (10/09).* (Foto: Indra Nugraha)

“Kita terbentuk dari hobi yang sama, kemudian dari situ ternyata cukup banyak yang berminat untuk mengikuti. Hingga akhirnya kini kita jadi termotivasi untuk membuat ini menjadi gede,” ujar Jenniefer Natalie, mahasiswi Farmasi Unpad, dari komunitas Padja Dance yang turut memeriahkan Pra-Event Forsi 2012 di Gerbang Lama Unpad, Jatinangor, Senin (10/09).

Selain Natalie dan komunitas Padja Dance-nya, Pra-Event Forsi 2012 juga menyajikan berbagai macam komunitas lain yang lahir di kampus Unpad. Sebut saja Nangor Bike, Pamaten (Paguyuban Mahasiswa Pelestari Kebudayaan Banten), Unpad Dog Lovers Community, Tedx, Mr.C (Mikrokontroler Robotic Club), B-Padj (Beat Padjadjaran), Komunitas Flag Football Unpad (KFFU), Komunitas Pecinta Hamster Unpad, dan juga AIESEC. Beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga turut ikut mengisi stand yang tersedia diantaranya Spektrum, Kempo Unpad dan juga Perisai Diri Unpad.

Sementara itu, selain sebagai ajang kumpul dan menyalurkan hobi, bagi Mila dan Friska komunitas yang mereka ikuti juga sangat berguna untuk menambah pengetahuan mereka. “Di sini kita bakalan tau gimana cara breeding anjing dari mulai perawatan yang baik dan benar biar si anjing itu sehat, hingga gimana cara melatih anjing,” tutur Friska yang merupakan anggota dari Unpad Dog Lovers Community.

Pra-Event Forsi 2012 memang sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan acara Student Day 2012 yang baru dilaksanakan beberapa waktu kebelakang. Bila pada Student Day 2012 acara diisi oleh UKM, maka pada pra-event ini acara lebih didominasi oleh komunitas-komunitas tersebut. Hal ini juga ditanggapi positif oleh Natalie. “Event ini bagus karena dia nyatuin UKM dan komunitas yang biasanya tak terlalu eksis dan agak tersisihkan namun di pra-event Forsi ini kita bisa bareng-bareng,” tuturnya.

Hal hampir serupa juga diungkapkan Mutiara S. Fatimah, panitia Forsi 2012, melalui acara ini ia berharap berbagai macam komunitas dan UKM yang ada di Unpad dapat membuat seluruh mahasiswa Unpad bersatu. “Kita tuh mengusung tema satu Unpad, jadi gimana caranya walaupun kita beda fakultas, beda bidang keilmuan kita tuh bisa tetap jadi satu. Baik dalam UKM-nya maupun komunitas yang ada,” jelasnya.

Antusiasme para mahasiswa baru untuk mengikuti berbagai macam komunitas yang ada di Unpad juga cukup besar. Terlihat dari banyaknya mahasiswa baru yang mendaftarkan diri pada stand yang tersedia. Clara Putri, mahasiswi baru Fakultas Psikologi, ketika ditemui sesaat setelah mendaftarkan diri sebagai anggota Nangor Bike bahkan senang melihat berbagai macam komunitas yang ada di Unpad.

“Komunitas-komunitas ini seru dan menarik soalnya bisa menyalurkan bakat dan minat kita. Jadi bisa menampung hobi kita juga yang ngekos dan jauh dari rumah dan kehidupan dulu,” tuturnya.*

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar*

Share this: