3 October 2012

Dua Mahasiswa FMIPA Unpad Lolos Seleksi Wilayah dan Regional Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2012

[Unpad.ac.id, 03/10/2012] Dua orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam (FMIPA) Unpad, Hasna Afifah Fitriandini (Kimia 2010) dan Cocok Ana MB. (Biologi 2009) berhasil lolos seleksi tahap wilayah dan regional Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012. Seleksi yang dilakukan secara serentak di hampir seluruh wilayah Indonesia pada tanggal  25 September 2012 lalu diikuti sekitar 18.000 peserta. Untuk wilayah Jawa Barat, seleksi ini sendiri dilaksanakan di kampus UPI, ITB, dan Unpad.

Suasana pelaksanaan seleksi tahap wilayah dan regional Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 di kampus FMIPA Unpad, Jatinangor, Selasa (25/09).*

Tahun 2012 merupakan kali kelima OSN ini diselenggarakan oleh Pertamina dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-55 Pertamina. Mengambil tema “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi” para mahasiswa dari seluruh Indonesia tersebut akan berkompetisi memperebutkan total hadiah sebesar 2,8 Milyar rupiah.

OSN di tahun ini akan memperlombakan kategori “The Best Theory” serta “Science Project”.  Kategori “The Best Theory” meliputi empat bidang ilmu dasar yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sementara itu, kategori “Science Project” akan menampilkan karya-karya inovatif dan penerapan ilmu dalam energi.

Hasna Afifah Fitriandini menjadi salah satu mahasiswi yang masuk kedalam posisi 9 Besar Provinsi Jawa Barat untuk Bidang Kimia bersama mahasiswa dari asal PTN Bandung lainnya. Selanjutnya, Hasna akan diuji dengan soal Open Ended untuk memilih peserta terbaik tingkat Provinsi. Jika lolos tahap ini, Hasna akan maju dalam seleksi tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok pada bulan November 2012 mendatang.

Bidang Science  Project  merupakan bidang yang baru pertama kali diperlombakan dalam OSN. Sekitar 350 proposal berhasil terkumpul dalam bidang yang mengangkat tema Green Energy and Technology iniDari 350 proposal tersebut, terpilih sebanyak 32 proposal yang dinyatakan lolos untuk wilayah Regional.

Salah satu proposal yang lolos untuk seleksi Wilayah Reginal adalah proposal milik Cocok Ana MB., dengan judul “Coal Biogasification: Rekayasa Batubara Menggunakan Mikroba Indigenous untuk menghasilkan Gas Metana Sebagai Energi Alternatif”. Selanjutnya, Ana akan diseleksi melalui teleconference untuk mempresentasikan  proyek risetnya.

Selain kedua hal tersebut, terpilih juga poster Favorit untuk tempat seleksi UNPAD yaitu “Luminescent Mycoenergy Sebagai Prospek Energi Alternatif di Indonesia” oleh Sri Mulyani (Biologi 2008).*

Rilis oleh: FMIPA Unpad/ind