JMKI Fakultas Farmasi Unpad Gelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa

Para peserta Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) JMKI yang diselenggarakan oleh JMKI Fakultas Farmasi Unpad.*

[Unpad.ac.id, 01/10/2012] Dalam upaya untuk menjadikan mahasiswa kesehatan yang profesional, peduli, dan kritis terhadap permasalahan kesehatan masyarakat, Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) Fakultas Farmasi Unpad menggelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tanggal 22 hingga 23 September 2012 di Ruang Auditorium D6 Fakultas Farmasi kampus Unpad Jatinangor.

Para peserta Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) JMKI yang diselenggarakan oleh JMKI Fakultas Farmasi Unpad.*

Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta perwakilan JMKI dari 9 perguruan tinggi di Jawa Barat, yakni Komisariat JMKI dari Fakultas Farmasi Unpad, Fakultas Ilmu Keperawatan Unpad, Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Ahmad Yani, Fakultas Kedokteran Unisba, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI), Sekolah Farmasi (SF) ITB, serta  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi.

Mengangkat tema ”Prostecal” (Profesional Skill, Teamwork, Care and Health), kegiatan ini menyajikan materi berupa pemaparan, diskusi, tanya jawab dan simulasi. Materi-materi yang diberikan diantaranya materi manajemen konflik dan problem solving, manajemen negosiasi dan advokasi, manajemen aksi, teknik persidangan dan manajemen opini, sistem kesehatan nasional, sistem jaminan sosial nasional, serta interprofessional education yang menitikberatkan pada keorganisasian dan permasalahan kesehatan dengan pemateri dari pimpinan, pengurus, dan alumni dari JMKI, serta perwakilan dari Departemen Kesehatan Jawa Barat.

Peserta pun dihadapkan pada simulasi dengan permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat. Dalam simulasi ini, peserta berperan aktif dengan cara memberikan penyelesaian dari masalah kesehatan yang ada dengan beberapa masalah yang diangkat dari artikel, dan data-data akurat lainnya. Kemudian peserta pun melakukan presentasi kepada pemerintah untuk memberi solusi dari dari permasalahan tersebut.

JMKI sendiri adalah suatu organisasi mahasiswa kesehatan yang anggotanya terdiri dari lima fakultas di bidang kesehatan, yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat. Kegaiatan LKMM ini diselenggarakan dengan tujuan untuk  membekali kader-kader JMKI dalam berorganisasi dan softskill yang mendukung bagaimana para kader akan meneruskan kepengurusan JMKI selanjutnya.

Diharapkan, melalui kegiatan LKMM ini dapat terjalin hubungan pertemanan dengan mahasiswa dari luar Unpad. Selain itu, para peserta LKMM ini dapat menjadi kader yang berprestasi dan terus bergerak dengan satu tujuan bersama yaitu meningkatkan derajat kesehatan Indonesia. *

Rilis oleh: BEM Kema Farmasi Unpad

Share this: