17 October 2012

Para Siswa SMA Insan Cendekia Al Kausar Sukabumi Minati Kuliah di Unpad

[Unpad.ac.id, 16/10/2012] Bagaimana cara menjadi mahasiswa Unpad? Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP)? Adakah tips dan trik untuk masuk di salah satu program studi favorit di Unpad? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu terlontar dari mulut siswa-siswi pada acara Bedah Kampus yang bertempat di SMA Insan Cendekia Al Kausar di kaki Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (16/09).

Para siswa-siswi SMA Insan Cendekia Al Kausar, Sukabumi antusias menyimak pemaparan dari staf Humas Unpad, Selasa (16/10). (Foto: Indra Nugraha)

Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin hanya sebagian dari rasa ingin tahu dan minat para siswa-siswi kelas XII di sekolah tersebut untuk menjadi bagian dari mahasiswa Unpad kelak. Setelah mendapatkan penjelasan dari staf UPT Humas Unpad yang pada kesempatan itu diwakili oleh Eriyanto dan Delly Vegas Ardiyansyah, para siswa pun semakin antusias untuk dapat melanjutkan studinya di Unpad.

Acara bedah kampus ini sendiri merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh SMA Insan Cendekia Al Kausar. Walaupun bertempat di SMA Insan Cendekia Al Kausar, namun tak sedikit siswa dari sekolah lain di sekitar Sukabumi dan Bogor yang turut pula hadir dalam acara ini.

Selain Unpad, beberapa perguruan tinggi lainnya juga turut berpartisipasi dalam acara ini seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), STT Telkom, Prasetiya Mulya Business School, Swiss-German University, serta Kyungsung University, Korea.

Dikatakan Usep Sholahudin, ST., M.Si., selaku ketua pelaksana acara tersebut, bahwa acara bedah kampus ini merupakan salah satu sarana untuk memfasilitasi siswa agar mendapat gambaran yang jelas dan tidak tersesat dalam memilih perguruan tinggi serta jurusan sesuai minatnya. “Acara ini diselenggarakan untuk dapat memberikan informasi kepada siswa mengenai perguruan tinggi dan jurusannya sesuai dengan minat mereka, serta informasi terbaru dari orang yang tepat,” tutur Usep.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMA Insan Cendekia Al Kausar, Yuyun Yulianti, S.Pd., menyambut baik paparan yang lebih jelas mengenai Unpad bagi para siswa. Terlebih, tidak sedikit para siswa yang berminat melanjutkan studi di Unpad, namun tidak memiliki informasi lengkap mengenai Unpad yang menurutnya merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. “Disini mereka menjadi tahu informasi detailnya sendiri mengenai Unpad itu seperti apa, seperti tadi informasi mengenai fakultas psikologi yang berada di ranah IPA, tidak seperti lainnya,” ujarnya.

Ditemui seusai presentasi dari tim UPT Humas Unpad, Athina Ghina Imaniyyah dari SMA IT Al Kahfi, Bogor, mengaku semakin mantap untuk memilih Unpad sebagai pijakan selanjutnya setelah menuntaskan studi di SMA. Siswi yang berencana masuk Fakultas Kedokteran Gigi Unpad ini mengaku sudah lama sangat tertarik untuk bisa masuk Unpad. “Saya dengar Unpad itu reputasinya bagus, serta baca-baca tentang Unpad. Saya rasa Unpad tuh dua kata deh keren banget,” tegasnya.*

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar

 

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad