SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon Raih Juara I Lomba Cerdas Cermat Farmasi Fakultas Farmasi Unpad

Peserta Lomba Cerdas Cermat Farmasi Fakultas Farmasi Unpad sedang mengerjakan soal Tahap I. (Foto: Indra Nugraha)

[Unpad.ac.id, 13/10/2012] Silaturahmi dapat mengambil bentuk bermacam-macam, dan rasanya cukup tepat apabila bidang keilmuan yang sama menjadi salah satu modal dalam menjalin silaturahmi. Salah satu bentuk silaturahmi yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Unpad terhadap puluhan SMK Jurusan Farmasi yang ada di Jawa Barat adalah melalui Lomba Cerdas Cermat Farmasi (LCCF).

Peserta Lomba Cerdas Cermat Farmasi Fakultas Farmasi Unpad sedang mengerjakan soal Tahap I. (Foto: Indra Nugraha)

“Lomba ini merupakan salah satu ajang silaturahmi kita dan diharapkan dapat juga menjadi salah satu kompetisi bagi SMK-SMK Farmasi yang ada di Jawa Barat dalam keilmuan di bidang farmasi,” ujar Adila Raihannisa, Ketua Pelaksana Lomba Cerdas Cermat Farmasi ketika ditemui disela-sela lomba yang berlangsung di Aula Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS), Sabtu (13/10).

Selain sebagai ajang silaturahmi, LCCF juga dapat menjadi gerbang pertama bagi para siswa SMK Farmasi untuk lebih jauh lagi mengenal Fakultas Farmasi Unpad. Dengan begitu, diharapkan wawasan para siswa SMK yang notabene merupakan para calon mahasiswa Fakultas Farmasi juga dapat lebih terbuka.

LCCF sendiri diinisiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Farmasi (BEM Kemafar) Fakultas Farmasi Unpad melalui panitia Pharmacy Muslim Family (PHARMA). Selain itu, LCCF juga merupakan bagian dari Rangkaian Acara Dies Natalis ke-53 Fakultas Farmasi Unpad.

Lomba cerdas cermat yang baru pertama kali diadakan oleh Fakultas Farmasi Unpad bagi para siswa SMK Farmasi ini berhasil mengumpulkan 20 SMK Farmasi yang tersebar di seluruh Jawa Barat diantaranya Bandung, Garut, Bogor, hingga Indramayu. Setiap SMK tersebut mengirimkan tiga orang siswa siswi untuk mewakili sekolahnya di kompetisi ini.

Di hari pertama, Sabtu (13/10), para peserta dihadapkan dengan ujian tulis yang diberikan oleh panitia. Ujian tulis yang terdiri atas 50 soal tersebut terdiri atas empat pokok bidang farmasi yaitu farmasi bahan alam, farmakologi, kimia farmasi, dan farmasetika. “Itu empat bidang yang harus dikuasai oleh anak-anak farmasi,” tambah Dila.

Setelah melalui tahapan tersebut, selanjutnya terpilih sembilan kelompok untuk mengikuti tahapan Semi Final dan Final berupa cerdas cermat yang dilaksanakan di Gedung D6 Fakultas Farmasi Kampus Unpad Jatinangor, Minggu (14/10). Sama seperti tahap pertama, keempat bidang yang diujikan kembali menjadi bahan pertanyaan dari cerdas cermat tersebut. Tiga orang juri yang dipilih sebagai pengadil dalam lomba ini sendiri merupakan para dosen yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman mengajar di SMK Farmasi.

Akhirnya, setelah melalui berbagai macam tahapan ketat, juara pertama LCCF ini diraih oleh SMK Farmasi Muhammadiyah Cirebon dan mereka berhak mendapatkan trophy serta uang sebesar Rp 1 Juta. Sementara itu, tempat kedua dan ketiga diduduki oleh SMK Farmasi Bogor dan SMK Farmasi Bani Saleh, mereka juga berhak mendapatkan trophy serta uang masing-masing Rp 750.000,00 dan Rp 500.000,00.*

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar

Share this: