9 October 2012

SMUP Program Pascasarjana Gelombang II Telah Dibuka

[Unpad.ac.id, 09/10/2012] Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Pascasarjana, Spesialis, dan Profesi Gelombang II Tahun Akademik 2012-2013 telah dimulai. Pendaftarannya telah dibuka mulai hari ini, 10 Oktober hingga 6 Desember2012. Adapun ujian pelaksanaan SMUP untuk Program Pascasarjana (kecuali Program Kedokteran dan Kedokteran Gigi), dan Spesialis akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2012, di Kampus Fakultas Ilmu Budaya Unpad Jatinangor.

Logo Unpad*

Menurut Panitia SMUP, Dr. Denie Heriyadi, Ir. M.S., pemilihan lokasi SMUP di daerah Jatinangor sendiri didasarkan pada kelancaran transportasi di daerah Jatinangor. Mengingat, pelaksanaan ujian yang jatuh pada hari Sabtu ini diusahakan menjauhi titik-titik keramaian dan kemacetan agar peserta tidak terjebak kemacetan saat menuju lokasi ujian.

“Apabila lokasi ujian dilaksanakan di Kampus Unpad Bandung, akan lebih rawan terjebak kemacetan. Pemilihan lokasi di Jatinangor sendiri juga sebagai upaya untuk mengenalkan lingkungan kampus Unpad Jatinangor,” ujar Denie saat ditemui di Gedung Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Kampus Unpad Jatinangor, Selasa (09/10).

Materi yang akan diujikan pada ujian SMUP ada 2, yakni Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) dengan tim penguji dari FIB Unpad, serta Tesk Kemampuan Belajar Advance (TKBA) dengan tim penguji dari Fakultas Psikologi Unpad.

Adapun untuk Program Kedokteran dan Kedokteran Gigi, ujian akan dilaksanakan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Jalan Eyckman, Bandung pada bulan Januari 2013. Sementara itu, ujian untuk Program Profesi yang meliputi PPAk (Program Pendidikan Profesi Akuntan) dan Program Profesi Farmasi akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2013 di Kampus Unpad Dipatiukur.

Untuk teknis pendaftaran SMUP sendiri, menurut Denie, tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pendaftaran SMUP sebelumnya. Pendaftaran dimulai dengan melakukan pembayaran biaya seleksi ke Bank Mandiri (Teller, Internet Banking, atau SMS Banking) untuk mendapatkan PIN/Nomor Jurnal. Setelah mendapatkan PIN, peserta pun mendaftarkan diri secara online di laman http://pendaftaran.unpad.ac.id/ dengan memasukkan nomor PIN terlebih dahulu. Peserta pun mengisi data-data yang dilampirkan pada laman tersebut.

“Setelah selesai mengisi data-data, peserta pun akan mendapatkan Nomor Tes dan Ruangan yang akan digunakan pada saat ujian. Setelah selesai silakan print kartu peserta dan foto yang diunduh dari laman. Nanti akan dipakai sebagai bukti peserta tes yang legal,” jelas Denie.

Denie mengaku, kendala yang sering ditemui pada saat pendaftaran SMUP ialah nomor PIN yang kadang-kadang tidak terlalu jelas pada saat dicetak di bank, sehingga menyulitkan saat proses pendaftaran secara online. Kendala lainnya ialah peserta banyak yang belum terlalu menguasai internet sehingga pada saat proses pendaftaran secara online banyak ditemukan kesalahan-kesalahan pada saat pengisian biodata di laman tersebut.

Denie pun berharap agar peserta SMUP dapat memahami proses pendaftaran online sebaik-baiknya agar tidak ada kekeliruan dalam proses pendaftaran. Selain itu peserta yang sudah mendapatkan nomor PIN/Jurnal dari Bank dimohon untuk menjaganya dengan baik dan rahasia.“Diharapkan peserta SMUP dapat berkompetisi dengan baik sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan kemampuannya,” pungkas Denie.

Informasi lebih lanjut mengenai Informasi SMUP Gelombang II Unpad, silakan akses ke laman http://smup.unpad.ac.id/ .*

Laporan oleh Arief Maulana/mar