Tingkatkan Kesadaran Perawatan Gigi Melalui Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2012

Para pelajar Sekolah Dasar sedang menyimak penjelasan cara menyikat gigi yang benar dari mahasiswa FKG Unpad pada acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2012, Senin (08/10). (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 08/10/2012] Gigi dan gusi adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital. Namun, seringkali orang-orang mengabaikan perawatan gigi. Padahal, dampak yang ditimbulkan dari abainya perawatan gigi sangat fatal dan bahkan bisa menganggu kinerja organ tubuh lainnya.

Para pelajar Sekolah Dasar sedang menyimak penjelasan cara menyikat gigi yang benar dari mahasiswa FKG Unpad pada acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2012, Senin (08/10). (Foto: Tedi Yusup)

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Rikesda) 2007, 72,1% penduduk di Jawa Barat mengalami masalah gigi. Salah satu kasus yang paling sering ditemui ialah masalah gigi berlubang dan karies. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Prof. Dr. H. Eky S. Soeria Soemantri, drg. Sp. Ort(K)., tingginya angka permasalahan gigi disebabkan kurangnya edukasi yang disampaikan ke masyarakat untuk mengubah perilaku mereka dalam merawat kesehatan gigi dan mulut.

“Salah satu faktor yang ada ialah ketidakmengertian dari masyarakat akan kesehatan gigi. Inilah yang kita coba untuk mengubah perilaku. Sasaran awal yang kita lakukan ialah anak-anak,” ujar Prof. Eky saat menyampaikan konferensi pers kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2012 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Unpad, Jl. Sekeloa Selatan, Bandung, Senin (8/10).

Adapun data yang diperoleh dari kegiatan BKGN 2011 lalu, sebanyak 93-94% jumlah peserta BKGN mengalami permasalahan pada gigi, sehingga perlu dilakukan perawatan di berbagai macam perawatan gigi. Direktur RSGM FKG Unpad, Grace Virginia Gemuruh, drg., MM., SpKg., pun mengungkapkan hal tersebut pada konferensi pers kali ini.

“Rata-rata yang datang ke BKGN itu yang sudah sakit semua. Sangat jarang peserta yang khusus datang untuk mengikuti pengarahan tentang cara merawat gigi dengan benar. Oleh karena itu, kita undang peserta anak-anak dari Sekolah Dasar untuk mengikuti pengarahan mengenai cara merawat gigi yang benar,” ungkap Grace.

Kegiatan BKGN 2012 di RSGM Unpad digelar hingga Rabu (10/10) nanti. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dengan PT  Unilever Tbk yang digelar di 15 Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia dari tanggal 12 September hingga 7 November 2012.

Kegiatan BKGN ini meliputi edukasi, sikat gigi bersama, pemeriksaan dan perawatan gigi gratis seperti, penambalan gigi sederhana untuk anak dan dewasa, pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, dan aplikasi topical fluor. Grace sendiri menargetkan akan meraup sekitar 1.000 peserta dalam gelaran BKGN di Unpad.

“Target kegiatan BKGN di RSGM tahun ini ialah sekitar 1.000 orang dengan jumlah perhari sekitar 350 orang. Namun ini bisa jadi bertambah, mengingat saat pembukaan tadi saja, jumlah pendaftar telah mencapai 140 orang,” kata Grace.

Kegiatan BKGN 2012 merupakan upaya preventif masalah gigi pada masyarakat, khususnya anak-anak. Prof. Eky yang juga sebagai ketua dari AFDOKGI ini berharap, RSGM  FKG Unpad melalui kegiatan BKGN 2012 ini dapat meningkatkan edukasi sekaligus pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat.

[nggallery id=1]

Professional Relationship Manager Oral Care PT. UnileverIndonesia, drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc., mengungkapkan target dari kegiatan BKGN ini tidak hanya terfokus pada jumlah pengunjung. Yang terpenting ialah peningkatan kesadaran pengunjung untuk lebih menjaga kesehatan giginya.

“Target BKGN 2012 kali ini tidak hanya dari jumlah masyarakat yang berpartisipasi, akan tetapi sejauh mana peningkatan kesadaran mereka untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi serta menjalani kebiasaan, baik menyikat gigi minimal 2 kali sehari unuk mewujudkan Senyum Sehat Indonesia,” harap Ratu.*

Laporan oleh: Arief Maulana/mar

Share this: