UPT e-Learning Unpad Gelar Pelatihan Multimedia Pembuatan Film Ajar bagi Dosen

Suasana Pelatihan Multimedia Pembuatan Film Ajar (Podcast) bagi Dosen Unpad yang digelar oleh UPT e-Learning, Rabu (17/10). (Foto: Indra Nugraha)

[Unpad.ac.id, 17/10/2012] Dalam hitungan hari, jam, hingga detik, teknologi terus menunjukan perkembangan yang sangat pesat kearah yang lebih baik. Kemajuan teknologi tersebut, sudah selayaknya dibarengi pula dengan kemampuan manusianya dalam mengambil manfaat dari teknologi yang tersedia.

Suasana Pelatihan Multimedia Pembuatan Film Ajar (Podcast) bagi Dosen Unpad yang digelar oleh UPT e-Learning, Rabu (17/10). (Foto: Indra Nugraha)

Hal tersebut kiranya yang melandasi diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Multimedia Pembuatan Film Ajar (Podcast) bagi Dosen di lingkungan Unpad oleh UPT e-Learning Unpad di e-Learning Centre, Gedung Cisral Unpad Lantai  1, Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung pada hari Rabu dan Kamis, (17-18/10).

Dikatakan Ketua UPT e-Learning Unpad, Dr. Jenny Ratna Suminar, selain sebagai ajang untuk memanfaatkan teknologi yang ada, pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dosen di lingkungan Unpad dalam memproduksi bahan ajar. Bahan ajar yang baik tentu pula akan berimplikasi terhadap kualitas pembelajaran bagi mahasiswanya.

“Pelatihan film ajar bagi dosen Unpad ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran bagi mahasiswa,” ujar Dr. Jenny.

Lebih lanjut, Dr. Jenny juga menuturkan bahwa pelatihan semacam ini akan sangat membantu dosen dalam membuat bahan ajar dengan semenarik dan sederhana mungkin untuk para mahasiswanya. Pelatihan sendiri difokuskan pada pembuatan format film sebagai bahan ajar e-Learning sehingga dapat meningkatkan akses bahan ajar pada mahasiswa.

Pemateri dalam kegiatan ini merupakan Tim e-Learning Unpad yang telah terbiasa melakukan teknik pembelajaran melalui model semacam itu. Dalam acara yang dihadiri kurang lebih 30 dosen Unpad dari berbagai macam fakultas ini, dijelaskan alur pembuatan film ajar dari hulu hingga hilir. Para peserta diperkenalkan dengan beberapa perangkat keras dan lunak hingga tahap produksi film ajar sesuai dengan materi berupa format Microsoft Power Point yang dibawa pada saat pelatihan.

Dikatakan salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut, drg. Dani Rizali Firman, film ajar dalam format podcast sendiri memiliki beberapa kelebihan. Podcast yang beberapa orang mengenalnya sebagai sebuah singkatan dari personal on demand broadcast merupakan salah satu teknologi yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Jadi, melalui podcast ini kapan pun dan dimana pun mahasiswa dapat mengakses bahan ajar yang disediakan.

drg. Dani juga berharap melalui model semacam ini, maka batasan pembelajaran yang biasanya hanya terbatas dalam sebuah ruangan dapat didobrak. “Ya jangan hanya sebatas mahasiswa Unpad sebenarnya yang dapat mengakses. Siapa tahu mahasiswa di luar Unpad yang membutuhkan materi ini juga akan terbantu,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Jenny juga berharap pelatihan ini dapat menjadi cambuk bagi para dosen untuk dapat mengoptimalkan teknologi guna menghasilkan media pembelajaran semenarik mungkin. “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mereka menjadi excited, mengajar itu jadi lebih termotivasi dan mahasiswanya sendiri akan mengapresiasi dosennya yang well gadget,” tuturnya.

Tanggapan positif juga terlontar atas kegiatan pelatihan ini dari salah satu peserta. Dosen Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, Syaiful Rahman Soenaria, SE., MT., Ak., mengaku bahwa pelatihan ini dapat memperkuat kemampuannya dalam melakukan pengajaran. Terlebih bagi mahasiswanya sendiri, keilmuan secara audio visual pasti akan lebih mudah ditangkap dibandingkan dengan metode pembelajaran klasik.

“Beberapa terobosan metode pembelajaran dengan cara membuat film, menggabungkan film, gambar, dan video, maka kita mampu membawa realitas di masyarakat kedalam ruang kuliah,” tambahnya.*

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar

Share this: