Waspada, Penipuan Berkedok Seminar Kembali Marak

[Unpad.ac.id, 02/10/2012] Penipuan yang ditujukan kepada mahasiswa dan alumni Unpad kembali marak. Kali ini, pelaku tidak hanya melakukan melalui SMS, tapi ada juga beberapa orang yang ditelepon langsung. Masih dengan pola yang serupa dengan kasus-kasus sebelumnya, kali ini pelaku mengatasnamakan Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., yang meminta mahasiswa atau alumni tersebut untuk menghubungi Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia mengenai seminar nasional yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Logo Unpad*

Berikut salah satu isi SMS tersebut yang ditujukan kepada seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unpad, “Sy Dr.Setiawan (PR III UNPAD) Kmi Sampaikn Yth Sdr XXX (nama mahasiswa/alumni ) Diminta Sgera M-hub Prof.Dr GANJAR KURNIA (08567017118) Ada undgn dr DP2M Dikti yg Akn dismpaikn Prihl:Himbauan U/bisa Mdmpingi Pd saat Seminr Nsionl Pningktn &PngmbgnPKM Pnulisn Artikel Ilmiah&Pnelitian Tgl 6/7 Okt di Htel Nusa Dua Bali.”

Menanggapi kasus tersebut, Wakil Rektor III Unpad mengatakan bahwa telepon atau SMS yang beredar mengatasnamakannya sebagai PR III terkait kegiatan PKM adalah tidak benar. Tampak dari isi SMS tersebut bahwa pelaku tidak memahami tugas PR III Unpad saat ini yang telah mengalami perubaan tupoksi, sehingga pelaku penipuan masih menggunakan PR III dalam upaya menipu mahasiswa terkait kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Untuk itu kepada civitas akademika dimohon berhati-hati, dan dapat mengkonfirmasi melalui Humas Unpad apabila memperoleh informasi yang mencurigakan seperti ini, yang mencatut nama pejabat di Unpad. Modus operandi seperti ini sudah sering terjadi, nampaknya jaringan penipu masih menganggap efektif cara ini. Apabila terdapat hal yang kurang jelas atau mencurigakan, Humas Unpad sekali lagi akan menjadi acuan informasi yang paling sah dan valid,” tegasnya.

Dari penelusuran Humas Unpad, cara pelaku mendapatkan nomor-nomor mahasiswa atau alumni tersebut antara lain dengan cara menghubungi salah satu mahasiswa atau alumni untuk mendapatkan nomor rekan-rekannya yang lain. Salah seorang yang mengaku dihubungi pelaku, Andrew Handisurya, alumni Fakultas Kedokteran (FK) Unpad menjelaskan kronologisnya kepada Humas Unpad Selasa (02/10) ini melalui telepon dan melalui akun Twitternya.

Dijelaskan Andrew bahwa Senin siang (01/10) kemarin, dia dihubungi oleh seseorang yang mengaku Dr. Setiawan melalui nomor +6281318725134 dan meminta nomor telepon beberapa pengurus Senat Mahasiswa FK saat dia menjadi pengurus disana sekira tiga tahun lalu untuk keperluan pendataan kegiatan PKM. Tanpa rasa curiga, saat itu dia memberikan nomor rekan-rekannya tersebut. Dari beberapa rekannya ia mendapat tiga nomor yang dicurigai berasal dari nomor pelaku, yaitu +6281318725134, 085697580183, 08567017118.

“Lama-lama saya jadi curiga,jangan-jangan ini penipuan. Saya curiga orang ini mendapat nomor saya dari proposal saat saya jadi pengurus Senat tiga tahun yang lalu. Kebetulan disitu tercantum nama dan nomor kontak saya sebagai contact person. Dan kebanyakan nomor kontak yang diminta adalah nomor teman-teman saya di seksi Med Info,” jelasnya.

Selanjutnya, dia mendapat informasi bahwa beberapa nama yang nomor kontaknya dia berikan kepada pelaku tersebut telah dihubungi pelaku melalui SMS atau telepon. Temannya yang dihubungi pelaku mengatakan bahwa ia diminta menyerahkan uang untuk keperluan mengikuti seminar tersebut.

“Untungnya kebanyakan teman saya tidak mempercayainya dan mengabaikan SMS tersebut. Tapi ada juga yang menghubungi nomor yang tercantum dalam SMS tersebut,” ujarnya.

Andrew juga berharap agar rekan-rekan FK Unpad pada khususnya dan civitas Unpad pada umumnya dapat mewaspadai  aksi-aksi penipuan melalui SMS atau telepon semacam itu.*

Laporan oleh: Marlia