Mahasiswa FTG Unpad Berhasil Torehkan Prestasi dalam Dua Kompetisi Nasional

Dio Yudha Pratama (kiri), Mellinda Arisandy (tengah), Jonathan Christian (kanan), para mahasiswa FTG yang meraih prestasi nasional.*

[Unpad.ac.id, 02/11/2012] Bumi ini memiliki banyak bentukan alam yang unik dan menyimpan segudang sumber energi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat dunia. Indonesia dengan ribuan pulau yang ada di dalamnya merupakan salah satu negara dengan potensi sumber daya alam tersebut.

Dio Yudha Pratama (kiri), Jonathan Christian (tengah), Mellinda Arisandy   (kanan), para mahasiswa FTG yang meraih prestasi nasional.*

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui persebaran sumber daya alam di Indonesia. Seperti yang telah dilakukan para mahasiswa Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad dengan menuangkan pemikiran-pemikiran modern mengenai sumber energi yang ada di Indonesia. Melalui berbagai macam lomba, selain mendapatkan sarana dalam menuangkan ide para mahasiswa FTG Unpad  juga berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan.

Pada tanggal 18-20 September lalu, salah satu mahasiswa FTG Unpad, Jonathan Christian berhasil menyabet gelar “Best Poster” pada kompetisi yang dselenggarakan oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) di Yogyakarta, tepatnya di Hotel Melia Pulosari.

Kompetisi bertaraf nasional tersebut diikuti oleh kalangan profesional dan juga mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia ini. Jonathan sendiri mengaku termotivasi mengikuti kompetisi ini karena ingin berbagi ilmu yang dimilikinya.

“Saya hanya ingin sharing ilmu yang saya ketahui dan saya juga ingin nama HMG (Himpunan Mahasiswa Geologi)  Unpad  dapat dikenal secara luas berkat prestasinya” ujarnya.

Dalam kompetisi ini, Jonathan mengusung tema “Kemungkinan adanya shale gas di kepala burung Papua”.  “Saya gak pernah berpikir untuk menang, saya hanya berusaha memberikan yang terbaik, giat mengumpulkan data-data, dan mempelajari tema yang akan saya angkat untuk kompetisi ini,” tambahnya.

Tidak hanya Jonathan Christian yang berhasil menorehkan prestasi. Dua mahasiswa FTG Unpad lainnya juga berhasil menyabet juara kedua dan ketiga pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 13 September lalu. Mereka adalah Dio Yudha Pratama dan Mellinda Arisandy.

Mellinda yang berhasil menyabet  juara 3 untuk kompetisi paper eksternal dengan tema “Analisis Kemiringan Lereng” mengaku asalnya hanya ingin mencoba menuangkan idenya dalam bentuk tulisan.

“Awalnya iseng-iseng doang, waktu liburan latihan nulis dan nyoba mengaplikasikan ilmu yang udah didapat,” tuturnya.

Kompetisi bertaraf nasional ini diikuti oleh sepuluh universitas, namun hanya tiga universitas yang akan masuk tahap presentasi, dan Unpad adalah salah satu universitas yang berhasil lolos. Ditambahkan Mellinda, prestasi yang ia raih tersebut merupakan hasil dari apa yang telah didapatnya di bangku kuliah. “Kuncinya adalah banyak membaca, latihan menulis, dan mencoba mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat di perkuliahan” tambahnya.

Prestasi yang berhasil diraih ini hendaknya dapat lebih memotivasi para mahasiswa untuk lebih giat mencari ilmu, menggali lebih dalam pengetahuan, dan mengaplikasikannya sesuai dengan bidang yang diminati dan ditekuni.*

Rilis oleh: FTG Unpad/ind

Share this: