Tanamkan Sportivitas Sejak Dini, FISIP Unpad Gelar Kompetisi Futsal Tingkat Sekolah Dasar

Juara I Degafi Futsal Champions for Elementary School.*

[Unpad.ac.id, 25/11/2012] Menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi harus dilakukan sedini mungkin, terutama kepada anak-anak. Hal itulah yang mendorong Badan Eksekutif Mahasiswa D3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad menggelar kompetisi futsal bertajuk “Degafi Futsal Champions for Elementary School”, dengan sasaran peserta ialah tim futsal tingkat sekolah dasar yang digelar selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu (23-24/11) di Komplek Olah Raga Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor.

Logo Unpad *

“Selama ini, kita sering mengadakan kompetisi futsal tingkat mahasiswa atau pelajar SMA dengan kampanye sportivitas. Namun, sangat sedikit saya rasa yang menggelar kompetisi untuk anak SD,” ungkap Giarty Listiyani Putri, ketua pelaksana dari kegiatan tersebut. Mengangkat tema “From our generation to the new spirit”, diharapkan dapat memberikan pencerahan baru bagi anak-anak SD tentang bagaimana sikap terbaik ketika kompetisi berlangsung.

“Sportivitas itu bukan dibentuk dari anak SMA lho, tapi dibentuk dari kecil sebagai bibit-bibit mahasiswa nantinya,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Puput saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Berangkat dari tema di atas, terkumpullah sebanyak 16 tim dari beberapa SD di kota Bandung dan Jatinangor. Bahkan, ada beberapa sekolah yang mengirimkan 2 tim dalam kompetisi tersebut. Menurut Puput, sistem pertandingan yang digunakan dalam kompetisi ini ialah memakai sistem gugur. “Sistem ini dipilih mengingat waktu kegiatan yang singkat, yakni hanya 2 hari saja,” jelasnya.

Setelah melakukan serangkaian pertandingan, sebanyak 4 tim mantap melaju ke babak semi final, yakni SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung, SD Al-Ma’soem tim A, SDN Cibiru 4, dan SD Percobaan Kota Bandung. Pertandingan pun riuh oleh teriakan suporter cilik yang mendukung rekan-rekannya berkompetisi. Berdasarkan hasil dari pertandingan yang telah digelar, SD Al-Ma’soem tim A berhasil meraih juara 1 disusul dengan SD Percobaan yang menjadi juara 2 dan SD Cibiru 4 yang menjadi juara 3. Masing-masing juara akan mendapatkan piala dan uang binaan sebesar Rp 1 juta, Rp 750 ribu, dan Rp  500 ribu.

Selain itu, panitia juga memberikan 3 kategori penghargaan, yakni best supporter yang diraih oleh suporter dari SDN Cibiru 4, top scorer yang diraih oleh pemain dari tim SD Al Ma’soem dan best player yang diraih oleh pemain dari tim SD Muhammadiyah 7.

Puput sendiri  berharap bahwa kompetisi ini dapat mencapai target yang telah ditetapkan, yakni menanamkan sportivitas kepada anak SD. “Alhamdulillah, sejauh ini mereka telah menunjukkan sikap sportivitasnya ketika beberapa tim harus gugur dan pulang. Mereka pun berharap kedepan akan diadakan kegiatan serupa sehingga mereka akan bisa mengikuti dan bertanding lagi,” pungkasnya.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: