Evaluasi Kinerja, Unpad Selenggarakan “Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012”

[Unpad.ac.id, 19/12/2012] Selama satu tahun ini, banyak hal yang telah dilaksanakan oleh seluruh pimpinan dan pegawai Unpad untuk membawa Unpad menjadi universitas yang lebih unggul. Kinerja yang baik tersebut ditunjukkan dengan diraihnya beragam prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Walau begitu, tidak dapat dipungkiri pula bila dalam beberapa hal, ada pula yang capaiannya tidak sesuai dengan target yang direncanakan sebelumnya.

Logo Unpad *

“Kinerja yang baik dihasilkan dari kemampuan mengelola, baik perilaku kerja maupun target hasil yang diharapkan,” ujar Wakil Rektor II Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., MSIE., yang dihubungi beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya untuk mengevaluasi kinerja Unpad tersebut, dilakukan melalui asesmen terhadap ketercapaian target Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang telah ditetapkan. Kali ini evaluasi terhadap ketercapaian target kinerja khususnya target IKK tersebut dilakukan tidak hanya melalui dokumentasi namun dilakukan melalui ‘expose’ bukti keberhasilan kinerja kepada civitas Unpad dalam sebuah kegiatan bertajuk “Gelar Kinerja Universitas Padjadjaran 2012”. Pada acara tersebut, seluruh jajaran pimpinan, pegawai dan Senat universitas dapat turut mengevaluasi kinerja Unpad tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi terhadap capaian target kinerja seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan Unpad sepanjang tahun 2012. Menurut rencana, kegiatan ini  akan berlangsung pada Kamis (20/12) esok di Lobi Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Melalui kegiatan tersebut, civitas Unpad dapat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh Unpad pada umumnya, sekaligus menjadi catatan untuk kinerja di tahun-tahun mendatang.

Prof. RIna juga menjelaskan bahwa pada “Gelar Kinerja” ini diharapkan para pimpinan dan pegawai dapat membentuk budaya berkinerja tinggi, fokus untuk bekerja dengan kinerja tinggi, mengkaitkan sasaran kerja individu dengan sasaran organisasi,mengembangkan kapasitas individu, pegawai untuk merealisasikan ekspektasi kerja serta memberdayakan, memotivasi, dan apresiasi terhadap yang sudah dikerjakan.

”Evaluasi kinerja ini dapat dijadikan umpan balik untuk pimpinan dan pegawai agar dapat terus melakukan perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement) dalam rangka mewujudkan sasaran Renstra jangka pendek, menengah, dan panjang,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad, Drs. Sudarma., MM., selaku panitia pelaksana, kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan Unpad. Mereka akan menampilkan rangkuman kinerja yang telah dilakukan sepanjang tahun 2012 ini dalam bentuk dokumen atau buku, penghargaan yang berupa sertifikat, piagam maupun piala, foto-foto kegiatan, poster, video dan produk kerja lainnya. “Mereka diharapkan menampilkan rangkuman kinerjanya sekomunikatif mungkin dan mengesankan,” ujarnya.*

Laporan oleh: Marlia