FK Unpad Terus Berupaya Perbanyak Kolaborasi Riset

[Unpad.ac.id, 19/12/2012] Penguatan riset dan atmosfir pembangunnya merupakan strategi utama yang terus digencarkan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Unpad. Terbukti, selama tahun 2012 jumlah riset dan publikasi ilmiah FK Unpad sangat banyak dan menjadi capaian Indikator Kinerja Kunci (IKK) FK Unpad.

Logo Unpad *

“Alhamdulillah, jumlah publikasi internasional FK Unpad melebihi target yang ditentukan Unpad,” ujar Dekan FK Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. Menurutnya, suatu publikasi internasional akan ada apabila ada riset yang dilakukan. Riset yang dilakukan pun tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya atmosfir riset/landasan riset yang jelas. Oleh karena itu, FK Unpad sendiri terus berupaya menggiatkan stafnya untuk melakukan riset dan melakukan publikasi.

“FK sendiri pun banyak melakukan joint research dan terus berupaya untuk memperbanyak kolaborasi riset, baik dalam tingkat nasional maupun dalam tingkat internasional,” jelasnya.

Sejauh ini, FK Unpad sendiri banyak melakukan kerja sama dengan beberapa universitas, baik dalam hal kolaborasi riset, maupun pertukaran pelajar. Mengenai petukaran pelajar dan staf, FK Unpad bekerja sama antara lain dengan Gunma University Jepang, universitas di Belanda, dan Amerika, serta kerja sama rutin dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Saat ini, mahasiswa internasional yang berkuliah di FK rata-rata berasal dari negara Malaysia dengan kelas internasional. Selain itu, FK Unpad sendiri melakukan kerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO).

“Ke depan, FK Unpad berencana untuk menjadi fakultas riset unggulan (Center of excellent), dan tentunya kita akan terus dorong untuk melakukan riset yang langsung berpengaruh kepada masyarakat,” tegas Prof. Tri.

FK Unpad pun memiliki jurnal nasional yang telah terakreditasi, yakni “Majalah Kedokteran Bandung”. Dalam pengembangannya, FK Unpad tengah mengembangkan 2 jurnal yang bersifat internasional, yakni jurnal yang berbentuk majalah, dan jurnal yang berbentuk e-journal. Hal ini penting untuk mendukung terlaksananya FK Unpad sebagai kampus unggulan dalam riset dan publikasi ilmiah.

Dalam bidang prestasi, FK Unpad banyak sekali menorehkan prestasi, baik di bidang nasional, maupun internasional. Prestasi tersebut lahir atas dorongan kuat FK Unpad kepada staf dan mahasiswanya untuk mengikuti pertemuan ilmiah bidang kedokteran tingkat internasional. Hal ini pun terkait dengan program yang dirancang oleh FK, yakni riset diutamakan untuk pada dosen muda dan mahasiswa.

Adapun capaian IKK FK Unpad yang lainnya ialah hampir 90% program studi di FK Unpad terakreditasi “A”. Sebanyak 29 program studi yang ada telah semuanya melakukan akreditasi dari BAN- PT. “Beberapa hasilnya telah keluar dan rata-rata mendapat nilai A, yang lainnya masih menunggu nilai keluar,” kata Prof. Tri.

Ke depan, FK Unpad berupaya untuk memperbarui tata kelola yang ada di FK Unpad untuk mencapai keunggulan riset seperti yang telah dipaparkan di atas. Apabila tata kelola sudah diperbarui, maka diharapkan akan tercipta center of excellent yang terintegrasi di FK Unpad.

Prof. Tri sendiri berpendapat, pada dasarnya IKK akan tercapai apabila proses pencapaiannya sesuai dengan aturan yang ada. “Jangan melihat hasil dulu, tapi proses harus ditegakkan. Apabila proses sudah baik, maka hasil capaian pun akan baik pula,” ujar Prof. Tri.*

Laporan oleh: Arief Maulana/mar