Peduli Anak, Mahasiswa FIK Unpad Gelar CARE For Children

Mahasiswa FIK Unpad sedang mengajarkan 7 langkah mencuci tangan yang sehat kepada anak-anak saat kegiatan magang bernama CARE (Cerdas, Aktif, Riang, Energik) For Children.*

[Unpad.ac.id, 10/12/2012] Apakah contoh kontribusi nyata mahasiswa keperawatan untuk masyarakat? Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unpad menjawab pertanyaan tersebut dengan menggelar satu kegiatan yang bernama CARE (Cerdas, Aktif, Riang, Energik)  For Children di sejumlah Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Day Care yang berada di wilayah Bandung-Jatinangor, diantaranya PAUD Bocah Robbani Cinunuk, TK Bina Insani Cilengkrang, Ujung Berung, TK Generasi Mulia Tanjungsari, dan Penitipan anak Puspa Sehat.

Mahasiswa FIK Unpad sedang mengajarkan 7 langkah mencuci tangan yang sehat kepada anak-anak saat kegiatan magang bernama CARE For Children.*

Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi yang dilakukan oleh perwakilan guru dari tiap TK yang dilaksanakan pada hari Jum’at (30/11)  di Kampus FIK Unpad Jatinangor. Dalam kegiatan ini, seluruh mahasiswa dikenalkan dengan kajian situasi di masing-masing tempat yang akan dimagangi oleh mahasiswa. Kemudian untuk praktek magang itu sendiri berlangsung selama empat hari berturut-turut dimulai dari hari Senin hingga Kamis (3-6/12).

Selama magang di TK, PAUD dan Day Care tersebut, mahasiswa terlibat langsung untuk mempelajari aspek tumbuh kembang anak serta aktivitas modalitas yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Selain itu, mahasiswa mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh anak. Mahasiswa melakukan banyak kegiatan bersama anak usia dini. Selain bermain dengan anak-anak, mahasiswa FIK Unpad juga mengajari cara menggosok gigi, 7 langkah mencuci tangan yang sehat, dan belajar mandiri. Sementara itu di Day Care Puspa Sehat, mahasiswa FIK Unpad juga belajar untuk memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan kategori batita (bawah tiga tahun).

Suasana penutupan kegiatan CARE For Children di Arboretum Unpad, Jatinangor.*

Kegiatan magang ini ditutup oleh kegiatan silaturahmi antar TK,/PAUD dan mahasiswa FIK Unpad angkatan 2012, yang berlangsung pada hari Jum’at (7/12) di Arboretum Unpad, Jatinangor. Penutupan ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, yaitu senam bersama, penampilan dari tiap TK/PAUD, lalu dilanjutkan dengan program cinta alam. Program cinta alam ini diisi dengan pengenalan anak-anak TK/PAUD terhadap flora dan fauna yang tersedia di Arboretum Unpad.

Menurut Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FIK Unpad, Hana Rizmadewi Agustina, S.Kp, MN, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa angkatan baru secara lebih dini tentang peran dan fungsi mereka sebagai mahasiswa keperawatan dalam kehidupan masyarakat. Disamping itu juga untuk lebih mendalami serta menghayati peran profesi perawat yang akan mereka laksanakan dikemudian hari. Kegiatan yang dirancang oleh Bidang Kemahasiswaan bekerja sama dengan  Bidang Akademik FIK Unpad ini merupakan suatu ‘pilot project” untuk selanjutnya dipertimbangkan untuk menjadi kegiatan magang rutin untuk seluruh mahasiswa FIK Unpad kedepan.

Lebih lanjut, Hana mengungkapkan bahwa kedepan kegiatan magang mahasiswa FIK Unpad ini tidak hanya terbatas dalam lingkup Paud/TK/Day Care saja tapi memungkinkan untuk berkembang di praktik pelayanan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan ini diharapkan menjadikan masa pendidikan mental bagi mahasiswa untuk lebih siap ketika mereka memasuki fase pendidikan profesi nanti. Untuk selanjutnya, Bidang Kemahasiswaan FIK Unpad akan bekerja sama dengan Bidang Akademik untuk membuat perencanaan program yang lebih optimal lagi sehingga manfaat dari program magang ini akan lebih terasa oleh seluruh mahasiswa FIK Unpad. Dukungan serta komitmen yang penuh dari pihak pimpinan tentunya akan menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan dari program tersebut.

Banyak hal yang bermanfaat yang diperoleh oleh mahasiswa FIK selama menjalani program magang singkat ini, seperti yang dialami oleh Annisa Rizqonah, salah satu mahasiswa FIK yang ikut program magang ini. “Saya sangat senang dengan program ini, karena saya banyak mendapat manfaat, yaitu disana saya dapat melatih kesabaran, kreativitas, dan juga yang paling penting adalah saya dapat memperoleh pengalaman baru. Kesulitannya adalah mengarahkan anak-anak untuk belajar, karena di usia anak-anak, mereka sangat suka bermain,” ujar Annisa.*

Rilis oleh: FIK Unpad/mar

 

 

 

 

Share this: