Penguatan Database Harus Jadi Prioritas Pengelolaan Website Fakultas

[Unpad.ac.id, 21/12/2012] Penggunaan website fakultas yang terintegrasi dengan website resmi Unpad belum sepenuhnya optimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang memengaruhi, yaitu kurangnya pengetahuan mengenai cara membangun sebuah website, SDM pengelola, dan kebijakan tiap-tiap fakultas yang berbeda-beda dalam hal tata kelola website.

Logo Unpad *

“Kita harus melakukan konsolidasi mengenai pengelolaan website fakultas, karena kita ingin juga mencapai target indikator berdasarkan QS Star Ranking,” jelas Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., saat melakukan rapat dengan para pengelola website fakultas mengenai permasalahan pengelolaan website fakultas, Kamis (20/12) di Ruang Rapat Bersama, Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor. Terkait dengan konsolidasi tersebut, yang harus menjadi prioritas penguatannya ialah penguatan database di tiap-tiap fakultas.

Penguatan database tersebut nantinya akan ditampilkan di website agar mampu meningkatkan ranking, baik di QS Star maupun di Webometrics. Namun, Dr. Setiawan mengungkapkan, saat ini penguatan database di tiap-tiap fakultas masih belum kuat.  Dalam kesempatan tersebut, Dr. Setiawan pun melakukan mapping, baik dalam hal pengelola website maupun konten tiap-tiap website fakultas saat ini.

Hal senada pun diungkapkan oleh Sekretaris UPT Humas Unpad, Dadan Triawan, S.Sos. Pentingnya penguatan database dan konten di tiap-tiap website fakultas didasarkan pada kebutuhan mengenai kebutuhan infromasi mahasiswa baru mengenai program studi di tiap-tiap fakultas. Dadan pun berharap agar tiap-tiap fakultas dapat memperkuat konten-konten yang sifatnya statis. “Minimal informasi-informasi mengenai panduan akademik dapat ditampilkan di website fakultas,” ungkap Dadan.

Berkenaan dengan sumber daya pengelola website, Dr. Setiawan akan melakukan mapping mengenai jumlah pengelola website di tiap-tiap fakultas. Mapping tersebut akan dikembalikan lagi kepada fakultas dan Wakil Rektor bidang SDM untuk bisa melakukan pemenuhan jumlah SDM. Apabila jumlahnya sudah terpenuhi, Dr. Setiawan pun akan melakukan konsolidasi secara periodik mengenai tindak lanjut dari pengelolaan website fakultas.

“Kami telah mendengar kendala lain dalam hal pengelolaan website fakultas, seperti keterampilan Teknologi Informatika dan menulis reportase, dan nantinya setiap bulan kami akan melakukan pengayaan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan hal tersebut,” ujarnya saat ditemui selepas rapat.

Pengayaan ini sifatnya bukan pelatihan yang sengaja digelar khusus, namun merupakan bagian dari pertemuan konsolidasi rutin yang akan dilakukan setiap bulannya. Lebih lanjut Dr. Setiawan akan mengirimkan 5 orang perwakilan untuk mengikuti pelatihan terkait dengan pengelolaan website. “Ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan website fakultas,” ujarnya.

Dr. Setiawan sendiri berharap dengan adanya peran website fakultas sebagai penunjang informasi di website resmi Unpad, akan lebih banyak memudahkan pengunjung untuk dapat mengakses informasi tentang Unpad. “Ini sebagai rewards dari upaya keras kita untuk bisa memberikan pelayanan terbaik dalam sistem layanan informasi, bisa terefleksikan dalam indikator Webometrics ranking website kita,” harap Dr. Setiawan.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: