Tahun 2012-2013, FTG Unpad Arahkan IKK Menuju Internasionalisasi Fakultas

[Unpad.ac.id, 19/12/2012] Capaian Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang telah dilakukan Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad pada tahun ini membuahkan prestasi tersendiri. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa capaian yang telah berhasil dilakukan oleh FTG, baik dalam kerja sama internasional, publikasi internasional, prestasi dosen, hingga pencapaian pendataan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Foto: Tedi Yusup)

Menurut Dekan FTG Unpad, Dr. Hendarmawan, Ir., M.Sc., program-program yang dilaksanakan dalam IKK tersebut lebih mengarah pada internasionalisasi FTG. Namun, diakuinya program internasionalisasi tersebut akan mencapai puncaknya pada tahun 2013 mendatang, mengingat FTG sendiri merupakan fakultas baru di Unpad.

“Capaian kami mengarah kepada internasionalisasi FTG. Namun, target tersebut akan selalu kami kembangkan secara bertahap. Alhamdulillah, untuk tahun ini capaian IKK FTG Unpad sudah mengarah pada internasionalisasi tersebut,” ujar Dr. Hendarmawan saat ditemui di ruang kerjanya, di kampus FTG Unpad, Jatinangor, Selasa (18/12) kemarin.

Terkait dengan publikasi internasional, tahun ini ada 5 orang dosen FTG Unpad yang berhasil memublikasikan penelitiannya di jurnal internasional. Selain 5 orang dosen tersebut, satu orang mahasiswa FTG juga berhasil memublikasikan penelitannya di jurnal internasional. Sementara itu, baik dosen dan mahasiswanya berhasil menorehkan prestasi di ajang internasional maupun nasional dalam kompetisi kebumian. Salah satu prestasinya ialah prestasi best presenter dan best poster yang diraih oleh dosen FTG Unpad dalam kegiatan 2nd Asia Africa Mineral Resources Conference pada bulan September lalu.

FTG sendiri telah mendaftarkan satu penelitiannya ke HKI Unpad, yaitu penemuan formula penghitungan erosi yang ditemukan oleh Dr. Ir. Emy Sukiyah, M.T. Selain itu, dosen-dosen FTG Unpad sering diterjunkan ke dalam joint research yang dilakukan oleh beberapa instansi baik nasional maupun internasional. “Kami juga sering melakukan penelitian tentang kebencanaan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia,” ujar Dr. Hendarmawan.

Untuk kerja sama internasional, saat ini FTG Unpad sedang melakukan pertukaran dan pengiriman dosen dengan dua universitas di Jepang, yakni program pertukaran dosen dengan Kyushu University, Jepang dan 1 orang pengiriman dosen ke Hokaido University, Jepang. Selain itu, FTG Unpad sendiri menerima beberapa mahasiswa dari Timor Leste, yakni sebanyak 7 orang mahasiswa program S-1, dan 2 orang mahasiswa program S-2. Mahasiswa asing lain yang belajar di FTG Unpad ialah 1 orang mahasiswa program S-1 yang berasal dari Amerika Serikat, 1 orang mahasiswa program S-2 dari Bangladesh, dan 1 orang mahasiswa program S-3 dari Jepang.

“Tindak lanjut dari internasionalisasi ini, FTG Unpad akan membuka kelas bilingual untuk mahasiswa-mahasiswa dari Malaysia,” jelasnya.

Kerja sama lainnya ialah Short Course yang terkait dengan Mineral dengan beberapa universitas di luar negeri. Menurut Dr. Hendarmawan, kerja sama penelitian yang melibatkan para dosen dan mahasiswa FTG di tingkat internasional cukup banyak. Rata-rata penelitian yang dilakukan terkait dengan Studi Energi Migas, Lingkungan, Konservasi air tanah, serta penelitian mengenai Coal Bed Methane. “Bentuk kerja sama tersebut diharapkan dapat menjadi pengembangan internasionalisasi FTG,” lengkapnya.

Sementara di tingkat akreditasi, untuk tahun ini beberapa program studi baik jenjang S-1, S-2, dan S-3, masih dalam tahap akreditasi. Oleh karena itu, FTG Unpad masih melakukan persiapan-persiapan akreditasi. Sejauh ini, proses akreditasi baru dilakukan untuk program studi S-1. “Kita masih menunggu hasil, mudah-mudahan bulan ini turun,” ujarnya.

Dari beberapa target program unggulan tersebut, Dr. Hendarmawan mengakui baru sekitar 74% program yang berhasil dicapai dalam IKK tersebut. “Kami mengakui masih terdapat beberapa kelemahan, namun dalam IKK tahun depan, kelemahan tersebut akan kita perbaiki untuk menjadi program-program yang dapat diunggulkan,” harapnya.

Untuk mengetahui berbagai capaian FTG Unpad dalam melaksanakan IKK tahun ini, FTG Unpad juga akan berpartisipasi dalam kegiatan “Gelar Kinerja” yang akan berlangsung pada Kamis (20/12) besok. Berbagai prestasi yang telah diraih tersebut diharapkan akan menjadi gambaran bagi publik, khususnya di kalangan civitas Unpad tentang bagaimana kinerja FTG Unpad sejauh ini.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar