Tahun 2012, FEB Unpad Gencar Gulirkan Program Internasionalisasi

[Unpad.ac.id, 19/12/2012] Kerja sama internasional dan berbagai macam program internasionalisasi nampaknya menjadi hal yang paling menonjol dimiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad di tahun 2012. Dalam bidang pendidikan khususnya, berbagai macam program telah digulirkan dari mulai summer program, academic exchange hingga kebijakan program double degree.

Logo Unpad *

“Fakultas Ekonomi ini mungkin merupakan pelopor di Unpad tentang program-program internasional berkaitan dengan pendidikan dan penelitian,” ujar Dr. Budiono, SE., MA., Pembantu Dekan bidang Akademik FEB Unpad ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Dekanat FEB Unpad, kampus Dipati Ukur, Selasa (18/12).

Kerja sama internasional dan program internasionalisasi ini telah dilakukan FEB Unpad di jenjang program sarjana maupun magister. Program Academic Exchange  seperti program pertukaran mahasiswa telah terlaksana di tahun ini pada jenjang S-1 dan kedepan telah lahir pula perjanjian kerja sama untuk program double degree. Sementara itu untuk jenjang S-2, penjajakan dan realisasi program double degree juga telah terlaksana dengan beberapa perguruan tinggi dari luar negeri seperti universitas di Jepang, Perancis, Jerman, maupun Korea.

Pada tahun ini, FEB Unpad juga telah berhasil melaksanakan Summer Program yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa asing dari Australia dan Jerman. Tak hanya mahasiswa asing, dalam summer program yang digelar di awal Juli 2012 lalu, turut pula para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Di bidang penelitian, FEB unpad juga selalu peduli untuk melakukan kerja sama internasional berkaitan dengan berbagai macam penelitian yang dikelola melalui Laboratorium Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, dan Pengkajian Ekonomi (LP3E) FEB Unpad.

Untuk mahasiswa asing, di tahun ini FEB Unpad juga menerima 5 orang mahasiswa asing yang berasal dari Jerman untuk berkuliah selama satu semester di FEB. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari program internasionalisasi yang dilakukan FEB Unpad. Sedangkan, 3 orang mahasiswa asing lainnya yang berasal dari Timor Leste dan Papua Nugini turut pula menjalani studinya di jenjang S-2.

FEB Unpad juga memiliki beberapa kelas internasional, yang dalam hal ini program studi dengan menggunakan bahasa internasional sebagai pengantarnya. “Walaupun yang betul-betul kelas internasional dimana semuanya orang asing itu belum ada, hanya kita menawarkan program paling tidak dengan bahasa internasional,” jelas Budiono.

Selain dalam hal internasionalisasi, beberapa dosen dan mahasiswa FEB Unpad juga berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan. Antara lain adalah dengan berhasil meraih penghargaan Best Paper Award yang diterima oleh Dr. Arief Anshory Yusuf serta dua rekan lainnya Erie Febrian, S.E., MBA.,M.Com dan Aldrin Herwany, S.E., M.M. Terkait dengan publikasi internasional, dikatakan Budiono bahwa pada tahun ini pula ada 5 orang dosen FEB Unpad yang berhasil memublikasikan penelitiannya di jurnal internasional. Dosen FEB Unpad juga pada tahun ini berhasil menerbitkan 2 buah buku hasil karyanya.

FEB Unpad hingga tahun ini memiliki 14 program studi sarjana dari mulai S-1, S-2, hingga S-3. 8 program studi tersebut telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Untuk tahun 2012 sendiri, FEB Unpad masih menunggu hasil akreditasi dari 4 program studi yang dimilikinya. “Tahun 2012, kami sudah divisitasi untuk 4 prodi yaitu Magister Akuntansi, Magister Ekonomi Terapan, D-III Bisnis Internasional dan Magister Ilmu Manajemen,” tuturnya.

Dari 4 program studi tersebut, Budiono juga menargetkan minimal 2 program studi meraih akreditasi A. Sementara itu, di akhir tahun ini juga rencananya FEB Unpad akan mengajukan 2 lagi program studi baru untuk jenjang program doktor.

Dari beberapa pencapaian yang terjadi selama tahun 2012, Budiono juga merasa harus ada perbaikan target untuk tahun-tahun berikutnya seperti dalam hal publikasi internasional yang dirasanya belum mencapai target. “Itu mungkin yang harus kami tingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Berbagai capaian dari kinerja FEB Unpad pada tahun ini akan ditampilkan pada acara Gelar Kinerja yang akan berlangsung pada Kamis (20/12) esok di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Dari acara tersebut, diharapkan civitas Unpad akan lebih mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh FEB Unpad yang diantaranya bahkan menjadi prestasi tersendiri, tidak hanya untuk FEB, tapi juga Unpad.*

Laporan oleh: Indra Nugraha/mar