Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Unpad dan Ikapi Jabar Gelar Pesta Buku Diskon 2012

Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia membunyikan gong saat membuka Pesta Buku Diskon 2012 di Bale Sawala, Unpad Jatinangor, Senin (3/12). (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 03/12/2012] Tidak bisa dipungkiri, buku memiliki peranan penting di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, animo masyarakat Indonesia dalam membeli buku sangat kurang. Hal ini disebabkan salah satunya ialah mahalnya harga buku yang ada di pasaran. Oleh karena itu, gelaran pameran yang menjual buku-buku dengan harga terjangkau merupakan salah satu upaya efektif di dalam mengembalikan minat masyarakat untuk membeli buku.

Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia membunyikan gong saat membuka Pesta Buku Diskon 2012 di Bale Sawala, Unpad Jatinangor, Senin (3/12). (Foto: Tedi Yusup)

Sebagai apresiasi dari upaya tersebut, Unpad bekerja sama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat menggelar “Pesta Buku Diskon 2012” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor. Kegiatan yang berlangsung dari hari Senin hingga Jumat (3-7/12) tersebut diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat, khususnya mahasiswa Unpad untuk memebli buku.

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Drs. Gungun Waldi Gumilar, kegiatan ini dapat memberikan efek positif bagi perkembangan minat baca di kalangan mahasiswa. Sebab, dengan menggelar pameran yang menjual buku-buku dengan harga terjangkau, setidaknya dapat memudahkan mahasiswa untuk membeli buku yang berguna untuk menunjang referensi kuliahnya.

“Saya sangat mendukung sekali upaya yang dilakukan oleh Unpad dan Ikapi ini. Tentu saja harapannya dengan menggeliat dan menumbuhkembangkan minat baca di lingkungan kampus Unpad dapat memberikan efek positif bagi kemajuan budaya membaca di Indonesia pada umumnya,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, saat meresmikan kegiatan. Menurutnya, sudah kali ketiga Unpad dan Ikapi menyelenggarakan pameran buku ini. Ia pun berharap dapat terus menggelar kegiatan-kegiatan serupa di tahun depannya.

Pameran pada tahun ini diikuti oleh 60 peserta dengan rincian, 48 peserta dari penerbit anggota Ikapi Jabar, serta 14 peserta dari penerbit Ikapi Jakarta dan Jogjakarta, serta penerbit dari bukan anggota Ikapi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar di Aula Grha Sanusi Kampus Unpad Bandung. Kegiatan tahun ini sengaja digelar di Kampus Unpad Jatinangor agar lebih mendekatkan dengan mahasiswa-mahasiswa di kampus Jatinangor. “Ini juga salah satu upaya untuk mengenalkan kampus Unpad Jatinangor kepada para peserta dan pengunjung,” tambah Rektor.

Pengunjung pameran pun sangat mengapresiasi kegiatan ini. Salah satu yang ditemui, Hayyu Putri Hipsari, mahasiswi Fakultas Teknik Industri Pertanian Unpad mengaku kegiatan ini sangat memberikan efek positif bagi mahasiswa. “Di Jatinangor sendiri keberadaan toko buku sangat sedikit. Dengan pameran ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa untuk mencari buku-buku referensinya,” ujarnya.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: