Hari ini, FMIPA Unpad Menggelar Hasil Penelitian Berorientasi Produk di Bale Santika Unpad

[Unpad.ac.id, 30/01/2013] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad menggelar “Ekspose Hasil Penelitian Berorientasi Produk Dosen dan Mahasiswa FMIPA Unpad Tahun 2012” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Rabu (30/01). Sebanyak 34 produk penelitian kategori mahasiswa dan 27 produk penelitian kategori dosen dari berbagai program studi di FMIPA Unpad ditampilkan dalam pameran tersebut.

Rektor Unpad mengunjungi stan yang memamerkan hasil penelitian FMIPA Unpad di Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor, SRabu (30/01). (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut Dekan FMIPA Unpad, Prof. Dr. Budi Nurani R., M.S., kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi dari penelitian berorientasi produk yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa FMIPA Unpad selama tahun 2012. Penelitian yang didanai oleh dana dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) ini berdasarkan skema Penelitian Berorientasi Produk Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unpad tahun 2012.

“Kita harapkan produk dari penelitian ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak hanya untuk bidang ilmu dasar sains, tapi dapat digunakan dalam multidisiplin ilmu,” ujar Prof. Budi.

Dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, pameran ini diharapkan dapat mendorong civitas akademika lainnya untuk dapat menghasilkan penelitian yang berorientasi pada produk juga. Sebab, masih ada anggapan bahwa kewajiban perguruan tinggi bukan pada menghasilkan suatu produk, tetapi lebih pada penelitian-penelitian yang sifatnya dasar.

“Sudah sejak lama kita kaji, kelihatannya tidak ada benang merah yang jelas mau kemana penelitian semacam tersebut akan dicapai. Hasil akhirnya hanya berupa laporan tertulis saja,” papar Rektor.

Kegagalan untuk menghasilkan suatu produk adakalanya selalu terbelenggu oleh metode-metode ilmiah. Oleh karena itu, Rektor kembali mengingatkan untuk menghasilkan dahulu suatu produk tanpa terbelenggu oleh metode-metode ilmiah tersebut. “Hasilkan dahulu suatu produk, baru kita kaji secara ilmiah,” jelas Rektor.

Rektor sendiri mengapresiasi kegiatan pameran tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan penelitian-penelitian yang berorientasi menghasilkan suatu produk. Untuk itu, Rektor sendiri mendorong civitas akademika Unpad untuk terus lakukan penelitian yang berorientasi pada produk. “Unpad melalui LPPM sudah menyiapkan dana penelitian yang bisa digunakan untuk melakukan penelitian yang tentunya harus berorientasi pada produk,” ujar Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor secara resmi membuka kegiatan pameran dengan memukul Kendang Virtual, produk hasil karya Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS., R. Sudrajat, M.Si., dan Akmal, M.T., dari program studi Teknik Informatika Unpad.

Rektor pun meninjau langsung stan-stan produk yang bertempat di Hall Badminton dan Basket Bale Santika Unpad. Turut hadir dalam peninjauan tersebut Wakil Rektor III Unpad, Dr. dr. med. Setiawan, Ketua LPPM Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan Alumni, Dr. Ir. Heyawan Kemal Mustafa, M.Sc., Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., serta Dekan dan Pembantu Dekan di lingkungan FMIPA Unpad. *

Laporan oleh: Maulana / eh *