3 Januari 2013

Hari Pertama Registrasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Gelombang II Berlangsung Kondusif

[Unpad.ac.id, 03/01/2013] Registrasi administratif mahasiswa baru Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) dan Spesialis Gelombang II Tahun Akademik 2012-2013 digelar selama 3 hari, dimulai dari hari ini, Kamis (03/01) hingga Senin (07/01) mendatang. Sekitar 500 calon mahasiswa baru mengikuti registrasi tersebut.

Suasana pelaksanaan registrasi administratif mahasiswa baru Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) dan Spesialis Gelombang II Tahun Akademik 2012-2013 di Bale Santika Unpad, Jatinangor, Kamis (3/01). (Foto: Tedi Yusup)

Menurut Kepala Subbagian Registrasi Biro Administrasi Akademik Unpad, Agus Muchtarom, calon mahasiswa yang melakukan registrasi tersebut sebelumnya telah melakukan pengisian biodata secara online di laman http://pengumuman.unpad.ac.id/ , terhitung sejak pengumuman ujian SMUP pada pertengahan Desember lalu. Hal tersebut merupakan salah satu persyaratan administratif untuk melakukan registrasi.

Selain itu, jadwal regsitrasi pun didasarkan pada siapa yang terlebih dahulu mengisi biodata di laman tersebut. Setelah mengisi biodata, calon mahasiswa pun akan mendapat jadwal registrasi. Registrasi tersebut menurut Agus tidak bisa diwakilkan dan tidak ada registrasi susulan. “Hal ini sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Unpad,” tegas Agus.

Calon mahasiswa pun diwajibkan membawa persyaratan yang telah ditentukan pada saat pengisian biodata online, yakni kartu peserta ujian SMUP, fotokopi ijazah dan Surat Tanda Lulus, Fotokopi Akta Kelahiran, Bukti pembayaran dari bank, Surat keterangan sehat/surat bebas buta warna, surat pernyataan bermaterai, formulir hasil pengisian biodata online, serta foto berwarna dan hitam putih. Selain itu, calon mahasiswa pun diwajibkan berpakaian rapi untuk proses pemotretan kartu mahasiswa.

Proses registrasi pada hari pertama pelaksanaan terpantau kondusif. Calon mahasiswa baru pun tertib mengikuti jalannya registrasi sesuai dengan arahan dari pihak panitia. Registrasi yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB terbagi menjadi beberapa sesi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pada saat pengisian biodata secara online. “Registrasinya cepat. Gak perlu nunggu lama-lama pada saat melakukan registrasi,” ujar salah satu calon mahasiswa.

Agus berharap proses registrasi ini tetap berjalan lancar dan calon mahasiswa dapat menaati ketentuan serta persyaratan yang telah ditetapkan oleh Unpad. Ia pun mengingatkan kepada calon mahasiswa yang mengalami kendala pada saat proses registrasi untuk segera menghubungi pihak panitia. “Terlebih kepada calon mahasiswa yang mendapat beasiswa noninstitusi, jangan sungkan menghubungi kami,” tutur Agus.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

 

 

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad