Rombongan Universiti Utara Malaysia Kagumi Klinik Lansia UPT Kesehatan Unpad

Kepala UPT Kesehatan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN., saat memaparkan profil UPT Kesehatan Unpad kepada rombongan Pusat Kesihatan Universiti Utara Malaysia (Foto: Maulana)*

[Unpad.ac.id, 8/02/2013] Guna meningkatkan kualitas di bidang pelayanan kesehatan, perwakilan dari Pusat Kesihatan Universiti Utara Malaysia (UUM) berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan Unpad, Jumat (8/02) di Gedung UPT Kesehatan Kampus Unpad Bandung. Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala UPT Kesehatan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN., dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unpad, Anne Nurbaity, S.P., M.P., Ph.D.

Kepala UPT Kesehatan Unpad, dr. Trias Nugrahadi, Sp.KN., saat memaparkan profil UPT Kesehatan Unpad kepada rombongan Pusat Kesihatan Universiti Utara Malaysia (Foto: Maulana)*

“Ini adalah kesempatan pertama kami berkunjung ke Unpad,” ujar ketua rombongan, Dr. Mohammad Sanuri Rahamad. Diakuinya, Unpad memiliki ilmu kedokteran yang berkualitas, baik itu dalam bidang akademik, maupun dalam bidang pelayanan kesehatan. Selain itu, banyak juga mahasiswa dari negara Malaysia yang belajar ilmu kedokteran di Unpad.

“Banyak juga tenaga kesehatan dari kami yang pernah belajar di Unpad,” ujar Mohammad ketika ditemui setelah acara.

Acara pun dilanjutkan dengan pemaparan mengenai UPT Kesehatan oleh Trias Nugrahadi.  Berdiri sejak 1960 bersamaan dengan berdirinya Fakultas Kedokteran Unpad. Seiring dengan berjalannya waktu, UPT Kesehatan Unpad mengembangkan pelayanan kesehatannya baik untuk internal maupun ekternal Unpad,seperti pelayanan Spesialis, pelayanan Laboratorium, pelayanan Radiologi serta pelayanan obat-obatan termasuk diantaranya adanya Fitness Centre yang dibimbing oleh profesor ahli serta klinik bagi lanjut usia (lansia).

“Untuk pelayanan lansia, ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh kami. Hal tersebut didasarkan kepedulian kami kepada para orang tua kita,” ujar Trias.

Pelayanan terhadap lansia sendiri membuat para rombongan tertarik untuk lebih mengetahuinya. Mohammad sendiri sepakat dengan adanya pelayanan terhadap lansia. Rombongannya sendiri berencana akan mempelajari lebih lanjut mengenai pusat pelayanan tersebut, yang nantinya diharapkan dapat dipraktikkan langsung di UUM.

“Kami sangat tertarik dengan adanya pusat perawatan lansia ini. Insya Allah, itu adalah satu inisiatif yang baik bagi kami untuk bisa dikembangkan di Malaysia,” ujar Mohammad.

Adapun Pusat Kesihatan dari UUM sendiri baru dibentuk pada tahun 1984, dan baru berjalan optimal pada tahun 1990. Mohammad sendiri berharap tindak lanjut dari kunjungan ini ialah UUM dapat melakukan kerjasama dengan Unpad terkait dengan pengiriman dokter dan tenaga kesehatan Unpad untuk dikirim langsung ke UUM.

“Kita harapkan ke depan ada kerjasama lanjutan antara UUM dengan Unpad, khususnya di bidang pelayanan kesehatan maupun pertukaran mahasiswa,” ujar Mohammad.

Di akhir acara, rombongan pun diajak berkeliling melihat berbagai fasilitas yang ada di gedung UPT Kesehatan Unpad, sekaligus meninjau klinik lansia.

Laporan oleh Maulana / eh *

Share this: