Unpad Kembali Terlibat di Ekspedisi NKRI Bersama Kopassus

Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, saat memaparkan kegiatan "Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013" di Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Jumat 1 Februari 2013 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 4/02/2013] Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD kembali akan mengadakan ekspedisi menyusuri pulau besar Indonesia. Pada tahun ini, ekspedisi tersebut akan menyusur pulau Sulawesi hingga menembus pedalaman-pedalaman yang sukar dijangkau, dengan nama “Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013”.

Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, saat memaparkan kegiatan “Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013” di Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Jumat 1 Februari 2013 lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

Unpad pun kembali menjadi bagian dalam kegiatan ekspedisi yang mengikutsertakan peneliti, dosen, pecinta alam, hingga para mahasiswa. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, digelar Sosialisasi “Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013”, Jumat (01/02) di Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor.

Dihadiri secara langsung oleh Komandan Jenderal Kopassus, sekaligus Komandan Ekspedisi NKRI, Mayjen TNI Agus Sutomo, Ia mengajak mahasiswa Unpad untuk bersama-sama melestarikan kekayaan Indonesia melalui ekspedisi tersebut.

“Ekspedisi ini memiliki kesamaan tujuan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni terdapat pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Agus pun menjelaskan, kegiatan ekspedisi tersebut merupakan ajang silaturahmi nasional antara TNI, peneliti, pencinta alam, dan mahasiswa yang bersama-sama menjelajah daerah hingga ke kawasan terpencil untuk membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia. Ekspedisi tersebut juga dapat memberikan data-data yang riil bahkan baru ditemukan mengenai kondisi pedalaman di Indonesia.

“Dua ekspedisi sebelumnya, kita sudah menemukan beberapa penemuan flora dan fauna baru atau langka. Bahkan, dalam Ekspedisi Khatulistiwa tahun lalu, peneliti dan mahasiswa telah menemukan sekitar 909 spesies flora dan fauna yang baru, langka, maupun yang belum teridentifikasi,” ujarnya.

Unpad sendiri mengapresiasi positif kegiatan ekspedisi tersebut. Menurut Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., kegiatan ini mendorong mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi dengan berbagai komponen lainnya untuk bisa meningkatkan kepedulian serta meningkatkan karakter berdasarkan pengalaman selama ekspedisi. “Unpad selalu mendorong para mahasiswanya untuk ikut terlibat dalam ekspedisi kali ini,” ujarnya.

“Unpad selalu menjadi peserta terbanyak dalam setiap kegiatan ekspedisi yang dilakukan oleh Kopassus,” imbuh Agus.

Ekspedisi kali ini mengangkat tema “Lestarikan Alam Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Demi Kesejahteraan Rakyat”. Ada tiga fokus kegiatan ekspedisi, yakni Penjelajahan (gunung dan menyusur hingga pedalaman Sulawesi), Penelitian (flora dan fauna), serta Komunikasi Sosial (mengunjungi daerah-daerah terpencil yang sulit akses jalan). Ekspedisi tersebut akan berlangsung tanggal 7 Maret hingga 30 Juni 2013.*

Laporan oleh Maulana / eh *

Share this: