8 Maret 2013

Tahun Ini, Seleksi Masuk Unpad (SMUP) Jenjang S-1 Dilaksanakan Melalui SBMPTN

[Unpad.ac.id, 8/03/2013] Sampai hari ini, masih banyak pertanyaan tentang apakah Unpad membuka jalur mandiri atau dikenal dengan istilah SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) untuk jenjang sarjana (S-1)? Jawabannya SMUP jenjang S-1 masih ada.

Logo Unpad*

“Sesuai dengan Permendiknas No. 34 Tahun 2010 Pasal 6 bahwa PTN paling banyak 40% menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau 60% melalui jalur nasional” ujar Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS. “Unpad melaksanakan sepenuhnya Permen itu dengan menerima 60% jalur nasional SNMPTN atau jalur prestasi (undangan), dan menerima 40% mandiri yang dilaksanakan melalui SBMPTN”, imbuhnya.

Lebih lanjut Prof. Engkus memaparkan, kuota bagi calon mahasiswa dari jalur SNMPTN adalah 3.733 orang, dan ini sudah termasuk 900 orang yang akan memperoleh bantuan biaya pendidikan Bidikmisi. Sementara kuota calon mahasiswa dari jalur SBMPTN berjumlah 2.010 orang. Program affirmative action “Unpad Nyaah ka Jabar” hanya akan diberlakukan untuk jalur SNMPTN karena hingga 8 Maret sore pendaftar ke Unpad dari wilayah Jabar saja sudah lebih dari 49 ribu orang.

Terkait Dana Pengembangan untuk calon mahasiswa yang lulus melalui SBMPTN, Prof. Engkus mengatakan bahwa hingga hari ini Unpad masih menunggu Peraturan Mendikbud tentang uang kuliah tunggal (UKT). Bila UKT diberlakukan maka berarti tidak ada Dana Pengembangan yang dibayar di muka, yang ada adalah dana SPP setiap semester yang besarannya akan mengacu pada Peraturan Mendikbud tersebut.

“Seandainya UKT tidak diberlakukan, maka Dana Pengembangan akan sama seperti tahun 2012 lalu,” ujar Prof. Engkus.

Pelaksanaan SMBPTN sendiri baru akan diketahui 16 Maret 2013 mendatang, menunggu peluncuran oleh Mendikbud. Pendaftaran calon pesertanya diperkirakan baru akan dimulai pada April 2013. Jadwal pastinya, masih akan menunggu peluncuran pada 16 Maret tersebut. *

Laporan oleh: Erman *

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad