Tiga Mahasiswi FMIPA Unpad Ikuti International Research Conference di Bangkok

Tiga mahasiswa FMIPA Unpad saat mengikuti International Research Conference di Bangkok *

[Unpad.ac.id, 25/03/2013] Tiga mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad mengikuti International Research Conference yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand 5-6 Maret 2013 lalu. Mereka adalah Fadilatul Laela Insan, Evanti Arosyani, dan Anissa Amalia. Acara tersebut dihadiri oleh praktisi, peneliti, dosen, dan mahasiswa dari berbagai negara, seperti India, Thailand, Singapura, Indonesia, Malaysia, Jepang dan  Austria.

Tiga mahasiswa FMIPA Unpad saat mengikuti International Research Conference di Bangkok *

Konferensi ini menjadi terbagi dalam 8 bidang, yaitu Enviromental Issues and Waste Management, Business Management and Social Sciences, Computing Engineering and Technology Science, Safety Hazardous Disaster Management, Biological Engineering and Natural Sciences, Physical Sciences and Life Sciences, Agriculture Tourism and Hotel Management, dan Sports Polypathy and Oriental Medicines.

Dalam konferensi tersebut, ketiga mahasiswa ini mempresentasikan paper ilmiah yang berjudul “Fungi Preservation Method Using of Zeolite, Silica, and Sand” yang membahas tentang salah satu solusi medium ekonomis pertumbuhan jamur mikro, yang diharapkan bisa dikembangkan dalam aplikasi penggunaan mikroba, khususnya jamur pada skala industri.

Menurut mereka, teknik  preservasi yang optimum diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat digunakan untuk  menyimpan, mempertahankan tingkat aktivitas, viabilitas sel, mutu genetik, serta mencegah kontaminasi dan perubahan genetik dari isolat jamur yang disimpan. Hal ini penting untuk dapat mempertahankan kemampuan dalam menghasilkan  enzim atau biomassa yang kemudian bisa diaplikasikan dalam biotekologi terapan. Paper ilmiah dibidang Physical Science and Life Science ini kemudian diterbitkan pada  International Journal of Multidisiplinary Research (IJMR) Vol.1 Issue 12 (1) 2013.

Bagi ketiga mahasiswa ini, kegiatan tersebut telah  memberikan pelajaran berharga bagi mereka, dalam hal meneliti, mempresentasikan, dan mempublikasikannya secara internasional. “Semoga pengalaman ini bisa menjadi bekal agar kami bisa lebih bisa menghasilkan penelitian yang berkualitas di masa yang akan datang,” tutur Fadilatul Laela Insan dalam rilisnya.

Selain itu, pengalaman menuangkan hasil penelitian dalam tulisan ilmiah ini juga semakin mendorong mereka untuk terus menulis, dimana proses menulis adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses pendidikan, pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. “Semoga penelitian dan publikasi para peneliti dari Indonesia kian hari semakin meningkat, baik secara kualitas ataupun kuantitas, dan oleh karena itu kami tidak akan pernah berhenti belajar,”  tutup Fadiatul. *

Rilis oleh: FMIPA Unpad / art*

Share this: