19 April 2013

Tiga Mahasiswa Berprestasi Wakili Unpad di Tingkat Nasional

[Unpad.ac.id, 19/04/2013] Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional akan segera digelar. Setiap perguruan tinggi mengirimkan delegasi mahasiswa terbaiknya untuk berkompetisi membawa nama almamater. Unpad pun tidak ketinggalan mengirimkan delegasi terbaiknya dengan harapan mampu menoreh prestasi sebagai mahasiswa berprestasi di ajang tersebut.

Tiga mahasiswa berprestasi yang akan mewakili Unpad di tingkat nasional (Foto: Tedi Yusup)*

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, Unpad menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres). Setiap fakultas mengirimkan satu orang mahasiswa terbaik untuk diseleksi oleh timjuri penyeleksi. Proses seleksi yang telah dilakukan sejak  Januari lalu akhirnya mendapat hasil yang memuaskan.

“Dari keenambelas kandidat yang kami seleksi, hasilnya sangat menggembirakan. Semua kandidat adalah kebanggaan para tim juri,” ujar perwakilan juri Mawapres Unpad, Ir. Dedi Ma’mun, M.S., saat pengumuman hasil mawapres, Kamis (18/04) di Ruang Rapat Bersama Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Di hadapan Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad, Kiki Pinardi, S.Ip., M.Si., Direktur Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., Pembantu Dekan III di tiap-tiap fakultas, serta para kandidat mahasiswa berprestasi, Dedi menyampaikan, proses seleksi tersebut dimulai dari tiap-tiap kandidat mengirimkan karya tulis dengan tema yang disesuaikan dengan fakultasnya, penilaian karya tulis, serta wawancara dan presentasi dari kandidat.

Tiap-tiap kandidat pun memiliki kemampuan yang baik dan layak dikategorikan sebagai mawapres. Sebab, selain penilaian karya tulis, setiap kandidat pun dinilai berdasarkan kemampuan lain yang dimiliki dapat menjadi nilai tambah. “Kami memutuskan untuk memilih karena kami percaya di antara para kandidat memiliki kesempatan untuk mewakili Unpad di tingkat Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Heryawan pun mengapresiasi tiap-tiap kandidat yang punya kemampuan lain di luar bidangnya. Menurutnya, nilai tambah tersebut diharapkan dapat menjadi daya saing ketika berkompetisi di tingkat nasional. Selain itu, kemampuan tersebut juga baik untuk menunjang keahliannya selain keahlian akademik.

Unpad sendiri selama beberapa tahun terakhir ini belum bisa menorehkan prestasi di mawapres tingkat nasional. Oleh karena itu, Heryawan berharap ada bibit-bibit unggul yang mampu menorehkan nama Unpad di tingkat nasional.

“Inilah yang selama ini kita galakkan dalam setiap mawapres, bagaimana caranya delegasi Unpad mampu menjadi mawapres untuk tingkat nasional,” harapnya.

Adapun hasil dari penilaian tersebut, para juri menetapkan tiga kandidat yang lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya. Ketiga mahasiswa tersebut ialah, Mangasa Parhum Lumban Tobing (Faperta 2010), Melinda Arisandi (FTG 2010), dan Fauzan Fikri (Farmasi 2010). Ketiga kandidat tersebut akan mengikuti pemantapan sebelum diikutsertakan dalam Ajang Mawapres Tingkat Nasional. Dukungan penuh dari segenap civitas akademika Unpad pun dibutuhkan agar ketiga kandidat ini berhasil meraih prestasi di ajang tersebut.*

Laporan oleh Maulana / eh *

Tautan

 

 

Media Sosial