Kwansei Gakuin University Jepang Rangkul Unpad dalam Kerja Sama Akademik

Wakil Rektor III Unpad (kanan) saat menerima dua orang perwakilan Kwansei Gakuin University Jepang. (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 8/05/2013] Kwansei Gakuin University Jepang mengajak Unpad terlibat dalam ASEAN & Japan Academic Exchange Program yang melibatkan 4 universitas dari 4 negara. Selain Kwansei Gakuin dari Jepang, program ini juga melibatkan Unpad dari Indonesia, University of Malaya dari Malaysia, dan Assumption University dari Thailand.

Wakil Rektor III Unpad (kanan) saat menerima dua orang perwakilan Kwansei Gakuin University Jepang. (Foto: Tedi Yusup)*

Dua orang perwakilan Kwansei Gakuin University, Tomoharu Washio dan Masao Okuno, datang ke Unpad untuk memaparkan deskripsi dan tujuan program tersebut. Intinya, program ini akan menjadi wadah untuk memperoleh pandangan tentang bagaimana sebaiknya peran Jepang dalam hubungan internasional dengan negara-negara ASEAN.

Kedua perwakilan Kwansei Gakuin University itu diterima oleh Wakil Rektor III Unpad, Dr. Med. Setiawan, dr., Direktur Kerja Sama Unpad, Ramdan Panigoro, PhD., Staf Khusus Bidang Kerja Sama Wakil Rektor III Unpad, Handarto, S.TP., MAgr., PhD., dan Prof. Yanyan M. Yani, MA., PhD dari Hubungan Internasional FISIP Unpad di Ruang Rapat Kantor Kerja Sama Unpad Bandung.

“Program yang ditawarkan ada 2, yaitu mengundang dosen Unpad memberi kuliah tamu di Kwansei Gakuin pada akhir Agustus 2013 nanti. Unpad merekomendasikan Prof. Yanyan untuk memberi kuliah tentang ASEAN dan hubungan internasional di sana. Program lainnya adalah ASEAN Project Research Trip pada September 2013 mendatang, dimana para mahasiswa Kwansei Gakuin akan datang ke Unpad serta 2 universitas lainnya di Malaysia dan Thailand,” jelas Handarto, PhD.

Menurut Handarto, peluang kerja sama dengan Kwansei Gakuiin tidak terbatas pada program ini saja. Pada pertemuan tersebut juga dibahas kemungkinan kerja sama akademik yang lebih luas lagi antara Unpad dengan Kwansei Gakuin.

“Kerja sama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini menjadi model bagi Unpad untuk mengembangkan kerja sama akademik lainnya dengan Kwansei Gakuin. Tadi terungkap, banyak hal yang bisa kita kolaborasikan,” ujar Handarto. *

Laporan oleh: Erman / am*

Share this: