17 Mei 2013

Nihongo Nihon Bunkasai, Semangat Mengenal Bahasa Jepang Melalui Pendekatan Budaya

[Unpad.ac.id, 17/05/2013] Salah satu kegiatan lama yang masih rutin dilaksanakan hingga saat ini, Pekan Bahasa & Budaya Jepang, kembali digelar di Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Fakultas Ilmu Budaya Unpad pada 17-18 Mei 2013. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada 23 Mei 1973 itu mendorong semangat penguasaan bahasa Jepang melalui pendekatan budaya.

Yuyu Yohana Risagarniwa, MEd., PhD. (kanan) dan dua orang perwakilan dari Jepang di salah satu lokasi stan Pekan Bahasa dan Budaya Jepang. (Foto: Tedi Yusup)*

Ketua Panitia Pekan Bahasa & Budaya Jepang (Nihongo Nihon Bunkasai) ke-39 Tahun 2013, Yuyu Yohana Risagarniwa, MEd., PhD., menjelaskan, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai lomba terkait bahasa Jepang untuk mahasiswa dan pelajar SMA.

“Semangat dari kegiatan ini adalah membangun saling pengertian antara Jepang dan Indonesia. Ini bukan hanya soal bahasa, tetapi juga budaya. Di dalam pelaksanaan lomba-lombanya, ada semangat untuk berkompetisi. Kita berharap, pembelajar bahasa Jepang mau terus berusaha meningkatkan kemampuannya,” ujar Yuyu yang juga menjabat Ketua Program Studi Sastra Jepang Unpad.

Pada pelaksanaan tahun ini,  sebanyak 10 perusahaan Jepang pun turut memeriahkan Nihongo Nihon Bunkasai dengan mengisi stan dan memperkenalkan produk-produk mereka. Undangan ke sejumlah perusahaan Jepang itu juga merupakan pendekatan agar mahasiswa bisa mulai berinteraksi dengan dunia kerja.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, mungkin ada 1 atau 2 perusahaan yang ikut. Tapi pada tahun ini perusahaan yang terlibat lebih banyak lagi. Harapan kami, pendekatan ke perusahaan ini bermanfaat bagi mahasiswa yang akan lulus. Ke depannya, interaksi dengan perusahaan ini dapat dijalin lebih erat lagi melalui sebuah career center yang nantinya akan kami bangun,” ujar Yuyu lagi.

Pada kegiatan ini, diselenggarakan pula beberapa lomba berbahasa Jepang, yaitu speech contest (lomba pidato), kontes sakubun (mengarang), kontes kanji (penguasaan huruf kanji), kontes kana (penguasaan huruf kana), kontes choukai (mendengarkan), kontes shuji (kaligrafi), kontes rodoku untuk SMA/SMK (bercerita).

[nggallery id=54]

Panitia kegiatan ini melibatkan sejumlah lembaga, selain Unpad ada juga Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), STBA Yapari-ABA Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Widyatama, Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Universitas Nasional PASIM, STIBA Invada Cirebon, STBA Teknokrat Bandar Lampung, Japanese Language & Management Center, Kyoto Minsai Japanese Language School, Bandung Japanese School, Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) Jawa Barat, Bandung Japan Club, serta The Japan Foundation. *

Laporan oleh: Erman /am*

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad