22 Mei 2013

Pendaftaran SMUP Jenjang Diploma III Dibuka Mulai Hari Ini

[Unpad.ac.id, 22/05/2013] Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jenjang Diploma III akan dibuka mulai hari ini Rabu 22 Mei 2013 hingga 6 Juli 2013 pukul 16.00 WIB. Sistem seleksi dilakukan berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) menggunakan nilai rapor semester 1 sampai 5 khusus mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

“Seleksinya dilakukan melalui PPA khusus tiga mata pelajaran tadi. Mengapa hanya 3 itu saja? Karena semua jurusan dan jenis sekolah lanjut tingkat atas pasti memiliki tiga mata pelajaran tersebut, baik sosial maupun eksakta, SMA, SMK, atau MA,” jelas Wakil Rektor I Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., saat ditemui di Ruang Rektor Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (22/05).

Lebih lanjut Prof. Engkus menjelaskan, khusus untuk program studi Kebidanan, selain melihat nilai rapor, masih ada tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) dan tes kesehatan. Program studi Kebidanan juga mensyaratkan calon pesertanya tidak buta warna dan memiliki tinggi badan minimal 155 cm.

“Untuk setiap program studi, pembobotan dari tiga mata pelajaran itu berbeda-beda, sesuai kebutuhan. Ada yang nilai matematikanya memiliki bobot lebih besar dari yang lain, ada yang nilai bahasa Inggrisnya lebih besar. Jadi bobotnya tidak dibagi rata,” ujar Prof. Engkus lagi.

Biaya formulir program Diploma III adalah Rp 100.000,- dan bisa memilih 2 (dua)program studi baik eksakta maupun sosial. Khusus untuk program studi Kebidanan, biaya formulirnya Rp 400.000 dan hanya bisa memilih satu program studi Kebidanan saja. Hasil seleksi SMUP Diploma akan diumumkan pada 19 Juli 2013.

Informasi lengkap tentang terkait SMUP Diploma bisa kunjungi halaman www.smup.unpad.ac.id dan pilih “Program Diploma” *

Laporan oleh: Erman

Tautan

 

 

Media Sosial