23 Mei 2013

SMA Islam Terpadu Insantama Bogor Kunjungi Unpad

[Unpad.ac.id, 23/05/2013] Unpad menerima kunjungan dari  SMA Islam Terpadu (SMAIT) Insantama Bogor, Rabu (22/05) kemarin. Sebanyak 46 pelajar beserta guru pendamping diterima oleh tim UPT Humas Unpad di Ruang Rapat Bersama Lt. 1 Rektorat Unpad Jatinangor.

Kepala UPT Humas Unpad saat menerima kunjungan pelajar dan guru SMA Islam Terpadu Insantama Bogor (Foto: Tedi Yusup)*

Menurut Andi Rizal S.T., selaku Wakasek dari SMAIT Insantama Bogor, tujuan mereka mengunjungi Unpad dalam rangka LKMA (Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Tingkat Akhir). LKMA ini merupakan acara sekolah yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan  dan manajemen.  LKMA  ini pun bertujuan untuk mengunjungi institusi dalam dan juga luar negeri untuk mengetahui informasi terkait manajemen dan kepemimpinan yang diterapkan di institusi yang dikunjungi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video selayang pandang mengenai profil Unpad, lalu dilanjutkan dengan penayangan video singkat dari pihak sekolah dan juga presentasi dari pelajar Insantama mengenai Manajemen dan Kepemimpinan.

Seperti yang dipaparkan dalam presentasi pihak Insantama, mereka telah melakukan kunjungan dalam rangka LKMA ke 2 negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Sedangkan untuk kunjungan lokalnya mereka memilih UI, Unpad dan ITB. Dalam rangka kunjungan ini, mereka ingin sama-sama mengetahui bagaimana sistem kepemimpinan dan manajerial yang diterapkan di kampus-kampus baik dalam dan luar negeri.

Uniknya dalam sesi presentasi mengenai LKMA ini, pelajar Insantama menyampaikannya dalam 2 bahasa yang berbeda yaitu Bahasa Inggris dan juga Bahasa Arab. Selain pemaparan mengenai LKMA yang disampaikan oleh pelajar Insantama, pihak Unpad pun memaparkan mengenai informasi sistem kepemimpinan dan manajerial di lingkungan Unpad yang disampaikan langsung oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unpad, Kiki Pinardi S.IP., M.Si., dan Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati M.Si

“Untuk struktur kemahasiswaan di Unpad sendiri ada LKKMM (Lembaga Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa) , secara entitas diturunkan oleh Kemendikbud dan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan fungsi menunjang kegiatan akademik dan juga diperlukan soft skill yang sangat kuat”  ujar Kiki

Diskusi tersebut juga diisi oleh materi manajemen tentang kepemimpinan dan manajerialoleh perwakilan dari BEM Kemahasiswaan Unpad mengenai bagaimana kegiatan dan teknis pelaksanaan dari LKKM di lingkungan Unpad.

“Sebagai mahasiswa, jangan menjadi mahasiswa yang kupu-kupu, kuliah pulang kuliah pulang. Tapi jadilah mahasiswa yang banyak mengikuti kegiatan organisasi karena disitulah kita akan mendapatkan jiwa kepemimpinan dari pengalaman yang kita dapat. Jadi selain disibukkan dengan kegiatan akademik dikampus harus diseimbangkan juga dengan kegiatan di luar akademik” pungkas Weny.*

Laporan oleh: Dice Yunila Santi / eh *

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad