Popy Rufaidah, SE., MBA, “Hal Penting dalam Wirausaha Bukan Sekadar Modal, Tapi Tekad yang Kuat”

Suasana talkshow “Penguatan Program Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Padjadjaran”, di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (27/06). (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 27/06/2013] Menjadi seorang wirausaha tidak semata harus memiliki modal yang besar. Sebab, inti dari memulai usaha adalah memiliki tekad yang kuat dan mau bekerja keras. Tanpa tekad dan kerja keras, usaha yang dijalankan tidak akan berjalan dengan optimal.

Suasana talkshow “Penguatan Program Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Padjadjaran”, di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (27/06). (Foto: Tedi Yusup)*

“Harta yang terbesar untuk mempertahankan suatu usaha adalah pikiran yang positif, tekad yang kuat, tekun, kerja keras, dan berpikiran job is joy,” tutur Popy Rufaidah, SE., MBA., Ph.D., Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FEB Unpad saat menjadi pembicara dalamTalkshow “Penguatan Program Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Padjadjaran”, Kamis (27/06) Di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Popy mengungkapkan, untuk mampu sukses dalam dunia usaha, seorang pengusaha haruslah “terdidik”. Dalam artian, pengusaha mampu menghasilkan dan mempertahankan kualitas dari usahanya. Selain itu, pengusaha pun harus luwes di dalam memasarkan produknya.

Popy yang juga sering menjadi narasumber dalam acara “Gebyar Marketing” di radio PRFM ini menuturkan, ada beberapa alasan mengapa orang berwirausaha, yaitu hobi, tuntutan hidup, melanjutkan usaha keluarga, peluang, atau terbiasa berwirausaha sejak duduk di bangku sekolah/kuliah.

“Beberapa wirausaha yang sukses diantaranya adalah luwes dalam melayani pelanggannya, sehingga hasilnya akan berbuah keberhasilan,” ujarnya.

Sementara itu, Tutut Sedyawati dari Putra Sampoerna Foundation juga berpendapat, berpikir positif dalam dunia usaha akan melahirkan peluang yang baik. “Intinya jangan pernah berputus asa, usaha besar pasti dimulai dari hal yang kecil,” ujarnya.

Lebih lanjut Tutut menjelaskan selain niat dan tekad yang kuat, pengusaha pun dituntut harus memiliki integritas dan rajin menjalankan usahanya.

“Kita sering mendengar pepatah rajin pangkal pandai, tapi tidak ada pepatah pandai pangkal rajin. Intinya, pandai bukan menjadi patokan untuk rajin, tapi dengan rajin sudah pasti akan berbuah kepandaian,” kata Tutut.

Talkshow yang digelar oleh UPT Perpustakaan CISRAL bekerja sama dengan PT. HM Sampoerna Tbk. dan Program Mahasiswa Wirausaha. Wakil Rektor III Unpad, Dr.med. Setiawan, dr., dalam sambutannya mengatakan, output dari talkshow ini diharapkan menjadikan kewirausahaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran di Unpad.

“Kewirausahaan sejatinya tidak akan lepas dari ilmu, semoga kegiatan ini akan meningkatkan kualitas wirausaha di Unpad,” ujarnya.

Selain Popy dan Tutut,pembicara dalam talkshow ini juga menghadirkanKepala  Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Isis Ikhwansyah, S.H., M.H., CN., Recruitment Center Head PT. Smart Tbk, Eddi Santoso, dan pembiacara dari kalangan pengusaha. Kegiatan ini juga diisi oleh booth pameran produk kewirausahaan.*

 

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: