Sebanyak 1.214 Mahasiswa Unpad Berangkat Menuju Lokasi KKNM

Ketua LPPM Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, MS., saat secara simbolik melepas 1.214 peserta KKNM Unpad ke 66 desa di Jawa Barat (Foto: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 1/07/2013] Senin pagi tadi, sebanyak 60 bus terparkir rapi di sepanjang jalan area Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad Kampus Jatinangor untuk digunakan sebagai sarana pemberangkatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Unpad Periode Juli 2013. Sebanyak 1.214 mahasiswa mengikuti pelaksanaan KKNM tersebut.

Ketua LPPM Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, MS., saat secara simbolik melepas 1.214 peserta KKNM Unpad ke 66 desa di Jawa Barat (Foto: Dadan T.)*

Bertepatan dengan masuknya bulan Ramadhan, Ketua LPPM Unpad, Prof. Dr. Wawan Hermawan, MS., yang melepas keberangkatan peserta KKNM Unpad pun mengingatkan para peserta KKNM harus mampu menjaga toleransi di desa yang ditinggali. Ini sesuai dengan tema yang diusung dari KKNM Unpad, yaitu “Belajar dari Masyarakat.”

“Kata ‘belajar dari’ itu maknanya sangat dalam. Tidak diam, tetapi jutsru Anda harus mengamati. Kalau ada masalah, maka harus dipikirkan bagaimana gagasan yang terbaik untuk memecahkannya,” ujar Prof. Wawan.

Lebih lanjut Prof. Wawan mengungkapkan, gagasan tersebut bukan hanya untuk pemecahan masalah, tapi juga untuk mendukung potensi yang ada di desa yang ditempati. Tindak lanjutnya, gagasan tersebut ditulis sebagai laporan kelompok setelah melaksanakan KKNM.

Prof. Wawan pun berharap, setiap peserta harus mampu menjaga nama baik almamater. “Kalau saudara baik, maka almamater pun akan baik. Kalau tidak, maka sebaliknya,” tegas Prof. Wawan.

Ada 6 kabupaten di Jabar yang menjadi tujuan pelaksanaan KKNM kali ini, yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Indramayu, Cianjur, dan Sukabumi, dengan total desa yaitu 66 desa dari 14 kecamatan. Adapun untuk jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berjumlah 33 orang yang masing-masing memegang 2 desa.

Untuk periode ini, pelaksanaan KKNM terbagi menjadi 2, yaitu KKNM Integratif dan KKNM Tematik. Untuk KKNM Tematik merupakan pelaksanaan KKNM Unpad yang bekerja sama dengan Pemprov Jabar. Tema yang diusung dalam KKNM Tematik adalah ”Membantu tercapainya optimalisasi potensi Sumber Daya lokal menuju masyarakat sehat dan ekonomi mandiri”.

Ada beberapa lokasi yang menjadi pelaksanaan KKNM Tematik, yakni 1 kecamatan di Kab. Cianjur, 1 kecamatan di Kab. Garut, 2 kecamatan di Kab. Indramayu, dan 3 kecamatan di Kab. Sukabumi.

Salah satu peserta KKNM, Novianti, mengaku telah mempersiapkan diri dalam pelaksanaan KKNM tersebut. Mengingat, pelaksanaan KKNM bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Puasa Ramadhan. “Ini kali pertama saya melaksanakan puasa hampir sebulan penuh jauh dari orang tua. Ya nikmati saja, di sana juga kita bakal bertemu dengan teman baru dan lingkungan yang baru,” ungkapnya.

Lain halnya dengan Eri, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Unpad. Dalam perbekalannya, ia membawa satu buah kipas angin. “Tempat saya KKN nanti kan di Indramayu, itu sangat panas. Jadi saya membawa kipas angin biar adem pas lagi puasa,” ujarnya.*

Laporan oleh Arief Maulana /  eh *

Share this: