Tampil Memukau, PSM Unpad Raih 2 Trofi Kemenangan di Torrevieja Spanyol

PSM Unpad yang sukses raih 2 trofi kemenangan pada “International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja” di Spanyol, 22-28 Juli 2013 (Foto: Dokumentasi PSM Unpad)*

[Unpad.ac.id, 29/07/2013] Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad berhasil meraih Juara 1 Kategori Polifonia “Costa Blanca – Alicante Provincial Council” dalam kompetisi “International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja” di Provinsi Torrevieja, Spanyol pada 22 – 28 Juli 2013 lalu. Dalam ajang tersebut, PSM Unpad menerima 2 trofi kemenangan yang diberikan langsung oleh Gubernur Provinsi Torrevieja, Luisa Pastor Lilo.

PSM Unpad yang sukses raih 2 trofi kemenangan pada “International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja” di Spanyol, 22-28 Juli 2013 (Foto: Dokumentasi PSM Unpad)*

Konduktor dari PSM Unpad, Arvin Zeinullah pun dianugerahi penghargaan khusus sebagai The Best Director “José Hódar Tallavera”. Tidak hanya itu, para penonton dan juri pun memberikan apresiasi yang tinggi dengan memilih PSM Unpad tampil dalam konser sosial untuk masyarakat di di kota Le Montanas, Provinsi Torrevieja.

Dalam konser sosial tersebut, PSM Unpad membawakan lagu-lagu berbahasa Spanyol. Salah seorang komposer, Jorge Lopez bahkan memuji  PSM Unpad memiliki ekspresi dan pembawaan lagu yang tepat saat menampilkan lagu karyanya “El Ausente”.

Di lagu lain “Los Camaguayonos”, beberapa penonton bahkan sengaja menghampiri PSM Unpad dan menyampaikan “muy bien” atau semacam ucapan kekaguman atas kepiawaian PSM Unpad dalam menyampaikan pesan lagu kepada penonton.

Pada acara puncak, PSM Unpad mendapat kehormatan untuk tampil kembali dalam gala concert yang disiarkan melalui saluran TV Spanyol bertaraf Internasional. Acara tersebut merupakan pengumuman para pemenang yang ditutup dengan menyanyikan lagu wajib kompetisi “El Austante” yang dipimpin langsung oleh Arvin Zeinullah, sang the best conductor.

Kompetisi tersebut merupakan festival paduan suara tertua kedua dan diikuti para kelompok paduan suara terpilih dari berbagai benua. Setiap paduan suara terpilih akan tampil dalam dua kategori, yaitu Habbaneras dan Polifonia, dengan membawakan 5 buah lagu.

Di kategori Habaneras, peserta membawakan lagu wajib dan dua lagu berbahasa Spanyol.  Sementara di kategori Polifonia, peserta  menyanyikan dua lagu pilihan bebas. Di kategori polifonia, PSM Unpad meraih nilai tertinggi lewat lagu “Ma Rencong – Rencong” dan “Pok pok Alimpako”.

PSM Unpad akan kembali melanjutkan perhelatan misi kebudayaannya dengan menggelar konser di Andorra, bekerjasama dengan KBRI Spanyol. Menutup program misi kebudayaannya, tim pun akan tampil memenuhi undangan Jean Wilkens di Festival “XXI Choralies”, di Vaison la Romainne, Perancis. Undangan tersebut diberikan atas prestasi PSM Unpad setelah dinobatkan sebagai juara Grandprix pada “48th Montreux Choral Festival”, tahun 2012.*

Rilis: PSM Unpad / am*

Share this: