Khotbah Idul Fitri: Berpuasalah Kamu, Niscaya Kamu Akan Sehat

Suasana salat Idul Fitri di Unpad Kampus Iwa Koesoema Soemantri Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (8/08). (Foto: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 8/08/2013] Rasul Muhammad SAW pernah bersabda, “Berpuasalah Kamu, Niscaya Kamu Akan Sehat”. Perkataan rasulullah yang disampaikan 14 abad yang lalu itu ternyata terbukti dalam kajian ilmiah kesehatan modern saat ini. Puasa dapat memperbaiki metabolisme tubuh, puasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Suasana salat Idul Fitri di Unpad Kampus Iwa Koesoema Soemantri Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (8/08). (Foto: Dadan T.)*

Demikian antara lain disampaikan Dr. med. Setiawan, dr., saat menjadi khotib salat Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah di Unpad Kampus Koesoema Soemantri Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (8/08). Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad itu juga mengatakan, bukti keindahan dan kesempurnaan ciptaan Allah bisa kita buktikan dalam alam modern sekarang.

“Merupakan dambaan kita semua baik bagi diri pribadi maupun masyarakat di sekitar kita untuk senantiasa tumbuh dan hidup dengan sehat. Kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri, apakah kita telah mencapai derajat kesehatan yang baik, demikian pula masyarakat kita dalam perspektif fisik-rohani-spiritual dan sosial? Apakah puasa yang telah kita lakukan sebulan yang lalu, telah melatih diri kita dan masyarakat kita untuk mencapai derajat kesehatan yang baik tersebut?” ujar Setiawan.

Lebih lanjut Setiawan mengatakan, dasar dari pelaksanaan puasa adalah pengendalian diri.  Manusia dengan karakteristik sebagai mahluk Allah yang paling mulia, dibekali tidak saja dengan akal sehat, melainkan juga dengan nafsu. Ketika diri kita tidak dapat mengendalikan nafsu kita, maka akan muncul berbagai permasalahan pada diri kita, masyarakat, dan lingkungan yang lebih luas. Nafsu yang harus dikendalikan adalah nafsu makan, nafsu syahwat, dan nafsu amarah.

“Sebagai umat Muslim yang telah melatih diri selama satu bulan lamanya, maka diharapkan dengan pengendalian diri terhadap nafsu yang bersifat merusak, menjadi nafsu yang berpasrah dan taat kepada Allah SWT, maka jiwa-jiwa dan tangan-tangan umat muslim adalah tangan-tangan yang pemurah, tangan yang tidak menimbulkan kerusakan di muka bumi, melainkan memberikan keselamatan, sesuai dengan misi kerasulan Muhammad SAW sebagai Rahmatan lil Alamin,” ujar Setiawan.

Puasa dan Manfaat Kesehatan
Dosen Fakultas Kedokteran Unpad itu memaparkan, saat berpuasa akan terjadi pengurangan kalori yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. Hal ini bermanfaat abgi penderita diabetes, khususnya yang tidak tergantung insulin dan dalam derajat kesakitan tertentu. Perbaikan fungsi metabolisme juga terjadi pada profil lemak darah.

“Saat puasa, kadar kolesterol total terbukti menjadi lebih rendah, demikian pula fraksi cholesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat.  Perbaikan profil lemak darah ini serta pada penelitian terbaru dengan dibuktikannya penurunan kadar apo-betta dan peningkatan kadar apo-alfa1 sangat menguntungkan untuk pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah, akibat penumpukan lemak di dinding pembuluh,” papar Setiawan.

Beberapa penelitian menunjukkan, saat berpuasa terjadi penurunan ritme distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol dan melatonin. Perubahan ini diduga juga berperan dalam peningkatan kesehatan manusia. Puasa ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikan pesat.

Bahkan, lanjut Setiawan, seorang Psikiater dari Harvard Medical School, Dr. Ratey telah mengungkapkan melalui pemeriksaan dengan “functional Magnetic Resonance Imaging” (fMRI) bahwa aktivitas “motor cortex” orang yang berpuasa meningkat secara konsisten dan nyata. Puasa dibuktikan dapat meningkatkan kinerja otak kita. Sejalan dengan temuan tersebut, Dr. Mark Mattson dari laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging mengungkapkan bahwa puasa bisa melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer atau Parkinson. *

Isi khotbah Idul Fitri lengkap, unduh di sini.

Laporan oleh: Erman *

Share this: