Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Jajaki Kerja Sama dengan Unpad

Suasana pertemuan penjajakan kerja sama antara Unpad dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 23/08/2013] Untuk meningkatkan kerja sama di bidang sains dan iptek, perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan penjajakan kerja sama dengan Unpad. Hal tersebut diungkapkan oleh  Sekretaris Utama Lapan, Drs. Sri Kaloka Prabotosari saat melakukan kunjungan ke Unpad, Jumat (23/08).

Suasana pertemuan penjajakan kerja sama antara Unpad dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Diterima secara resmi oleh Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, di Ruang Warek III Gedung Rektorat Kampus Unpad Jatinangor, Sri bersama rombongan LAPAN memaparkan ada beberapa poin kerja sama yang akan dilakukan antara LAPAN dengan Unpad, khususnya di bidang sains dan teknologi,

“Kalau kita lihat, ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya pemanfaatan remote sensing untuk pertanian, perikanan,” ujar Sri.

Lebih lanjut Sri menerangkan, dari sisi teknologi, Lapan memiliki teknologi penginderaan jauh yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, kehutanan, maupun perikanan. Teknologi inilah yang dinilai berpotensi untuk dikembangan kerjasama dengan fakultas-fakultas yang berbasis pada pertanian dan perikanan.

Di bidang sains, kerja sama lain yang ditawarkan adalah pemanfaatan berbagai aplikasi dan teknologi yang ada di Lapan untuk perkembangan ilmu seperti Matematika, Fisika, Kimia, Statistika, hingga lingkungan. Bahkan, Lapan pun membuka kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa Unpad untuk magang dan melakukan penelitian di Lapan.

Terkait dengan hal tersebut, menurut Setiawan Unpad sendiri telah melakukan kerjasama dengan Lapan untuk pengajuan dosen pembimbing pendamping bagi penelitian skripsi mahasiswa Unpad.

Adapun beberapa tawaran kerjasama yang ditawarkan yaitu joint research, publikasi pemanfaatan jurnal , pemagangan mahasiswa dan dosen, hingga penyelenggaraan seminar bersama.

Untuk publikasi ilmiah, Lapan sendiri memiliki 4 jurnal yang telah terakreditasi namun sangat sedikit yang mengisi. “Kita berharap para peneliti di Unpad dapat berkontribusi untuk memublikasikan penelitian ilmiahnya di Lapan,” ujar Sri.

Ditemui setelah kunjungan, Sri menjelaskan ada beberapa poin penting yang ingin dikejar Lapan dalam kerjasamanya dengan Unpad. “SDM di Lapan sendiri masih belum maksimal. Salah satu yang kita harapkan dengan kerjasama ini adalah peningkatan kualitas SDM di Lapan, baik dalam bidang akademik maupun riset,”kata Sri.

Setiawan pun berharap penjajakan kerja sama antara Lapan dengan Unpad tidak hanya terbatas pada penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) saja. “Ada beberapa kerja sama yang baru dilakukan dan melanjutkan dari kerja sama yang telah ada. Banyak bidang yang bisa kita kerja samakan. Mudah-mudahan awet dan konsisten,” ujar Setiawan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *        

Share this: