Nagoya University Jepang Jajaki Kerja Sama dengan Unpad

Rektor Unpad memberikan cendera mata kepada President of Nagoya University Jepang, Michinari Hamaguchi, D.Med (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 28/08/2013] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari President of Nagoya University Jepang, Michinari Hamaguchi, D.Med., beserta rombongan di sela-sela pelaksanaan Wisuda Gelombang IV TA 2012/2013, Rabu (28/08) bertempat di Ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad Kampus Iwakoesoemasoemantri.

President of Nagoya University Jepang, Michinari Hamaguchi, D.Med., foto bersama pimpinan Unpad di sela pelaksanaan Wisuda Unpad di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Rabu (28/08). (Foto: Tedi Yusup)*

Diterima secara resmi oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, Wakil Rektor Bidang PPM & Kerja Sama Unpad, Dr. med. Setiawan, serta Kepala Kantor Urusan Internasional Unpad, Anne Nurbaity, Ph.D., Michinari pun melakukan pertemuan dengan para dekan fakultas untuk membahas kemungkinan-kemungkinan kerja sama yang akan dilakukan Nagoya University dengan Unpad.

“Ini adalah kunjungan pertama saya ke Bandung dan Unpad. Semoga akan ada peluang kerjasama yang baik antara Nagoya University dan Unpad,” katanya.

Michinari pun mempresentasikan mengenai Nagoya University kepada para dekan yang hadir. Sebagai universitas yang banyak menerima mahasiswa asing untuk belajar, Indonesia termasuk negara terbesar yang banyak mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Nagoya University.

Adapun beberapa program yang ditawarkan oleh Michinari adalah joint degree, undergraduate program, joint research, dan program-program substantif lainnya. Beberapa dekan pun mengajukan usulan kerja sama terkait dengan tawaran Michinari.

Beberapa program kerja sama yang ditawarkan oleh beberapa fakultas adalah, untuk Fakultas Hukum mengajukan graduate program, sandwich program, pemberian kuliah umum oleh profesor dari Nagoya University, dan kerja sama penelitian untuk isu-isu internasional. Untuk Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) menawarkan kerjasama dalam bidang disaster management dan aging sciences.

Rektor Unpad memberikan cendera mata kepada President of Nagoya University Jepang, Michinari Hamaguchi, D.Med (Foto: Tedi Yusup)*

Sementara untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menawarkan kerjasama dalam bidang double degree, dan student exchange. Untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menawarkan kerjasama joint research di bidang science.

No problem, kita bisa support dan realisasikan tawaran tersebut,” ujar Michinari.

Menanggapi tawaran tersebut, Dr. Setiawan pun akan menindaklanjuti rencana kerja sama Unpad dengan Nagoya University. Melalui KUI, Unpad pun akan memfasilitasi rencana kerjasama tersebut.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: