Gita Wirjawan, “Pastikan bahwa Pendidikan Indonesia Dapat Bersinar di Mana Pun”

Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan saat menyampaikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis ke-53 Fikom Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Jumat (13/9). (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 13/09/2013] Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Jumat (13/09) di Aula Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwakoesoemasoemantri, Bandung. Kuliah umum bertajuk ”Benahi Pendidikan Perkuat Daya Saing Bangsa” digelar dalam rangka Dies Natalis ke-53 Fikom Unpad.

Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan saat menyampaikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis ke-53 Fikom Unpad di Aula Unpad, Bandung, Jumat (13/9). (Foto: Tedi Yusup)

Dalam pemaparannya, Gita menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan untuk memajukan Indonesia. “Sebagai generasi penerus bangsa, kalian harus bisa menghasilkan produk pendidikan yang bisa berkarir di dunia internasional,” ujar Gita.

Sebagai negara dengan sistem demokrasi terbesar ke-3 di dunia serta sistem ekonomi terbesar ke-15 di dunia, Indonesia memiliki banyak peluang untuk bangkit menjadi negara maju. Sayangnya, potensi tersebut belum termaksimalkan. Memajukan pendidikan adalah upaya awal untuk memaksimalkan potensi tersebut.

“Intinya, kita harus pastikan bahwa pendidikan Indonesia dapat bersinar di mana pun. Salah satunya adalah harus menajamkan kualitas lulusan dari lembaga pendidikan,” terangnya.

Gita pun memaparkan, jumlah pelajar Indonesia yang bersekolah di perguruan tinggi ternama seperti Cambridge University, Columbia University, maupun Harvard University jumlahnya sangat sedikit. Jumlah tersebut kalah bersaing dengan jumlah mahasiswa dari Korea maupun Cina.

“Kita seharusnya jangan gontok-gontokan dengan sesama Indonesia. Justru kita harus gontok-gontokan secara sehat dengan negara Cina atau Korea, agar kita bisa lebih maju,” ujarnya.

Lebih lanjut Gita menjelaskan, pendidikan adalah modal utama untuk menguatkan kebanggaan berbangsa. Sebab, banyak hal yang bisa dihasilkan dari ilmu pengetahuan.

“Saya percaya kalau kita bisa membuahkan produk-produk pendidikan yang hebat melalui kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dan produk itu saya yakin akan bisa digunakan di mana saja,” kata Gita.

Gita pun berharap, para civitas akademika Unpad dapat menjadi generasi yang mampu membuahkan produk-produk pendidikan untuk kemajuan bangsa Indonesia. “Jangan pernah berpikir untuk takut. Sesungguhnya kita lebih besar dari apa yang kita kira. If you want it, you will get it!” pungkasnya.

Kuliah umum ini dihadiri langsung oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, Wakil Rektor III Unpad, Dr. Med. Setiawan, serta Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana. Rektor pun mengapresiasi kuliah umum tersebut.  “Kuliah umum ini mengajak kita melihat Indonesia untuk masa depan yang lebih baik. Dan itu semua ada di tangan kalian sebagai mahasiswa,” ujar Rektor.*

Laporan oleh Arief Maulana/mar

Share this: