Jajaki Kerja Sama, Delegasi Kampus dari Skotlandia Temui Delegasi Kampus dari Bandung di Unpad

Foto bersama delegasi 12 kampus dari Skotlandia dengan delegasi 9 kampus dari Bandung di Unpad Kampus Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 18/09/2013] Untuk meningkatkan hubungan kerja sama pendidikan internasional,  khususnya antara Skotlandia dan Indonesia, delegasi senior perwakilan universitas-universitas Skotlandia melakukan kunjungan ke Indonesia. Salah satu kota yang dikunjungi adalah Bandung, dengan Unpad sebagai tuan rumahnya.

Foto bersama delegasi 12 kampus dari Skotlandia dengan delegasi 9 kampus dari Bandung di Unpad Kampus Jatinangor (Foto: Tedi Yusup)*

Acara yang bertajuk “Scottish Mission to Bandung” ini digelar di Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Rabu (18/09), dihadiri oleh puluhan delegasi dari 12 universitas di Skotlandia dan 9 universitas di Bandung. Acara ini digelar atas kerja sama Unpad dengan British Council dan Scottish Development International.

“Kedatangan kami ke sini untuk bertemu dengan banyak universitas di Indonesia, agar selanjutnya dapat  diketahui area strategis apa saja yang bisa dikolaborasikan,” tutur Mission Leader, Prof. Nigel Seaton.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia mengungkapkan bahwa cakupan pendidikan tinggi saat ini menjadi semakin global sehingga pertemuan antara universitas-universitas di Skotlandia dan Indonesia ini dapat menjadi komponen penting dari proses internasionalisasi

Prof. Ganjar juga mengungkapkan bahwa banyak hal yang dapat didiskusikan pada acara ini.  Mulai dari apa yang partner cari dari kita, hingga kemitraan yang seperti apa yang akan dibuat. “Saya yakin bahwa peserta diskusi kali ini akan memiliki kesempatan untuk menjalin koneksi personal dan dapat membangun hubungan antar institusi, sehingga kemudian dapat berkembang menjadi kolaborasi internasional yang bermakna dan dalam jangka waktu panjang,” tuturnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan one to one university introductory meeting, dimana para delegasi dari Skotlandia berkeliling untuk berdiskusi dengan delegasi dari Indonesia di meja yang telah disediakan.

Ditemui di sela-sela acara, Kepala UPT Kerja Sama Unpad, Anne Nurbaity, Ph.D. mengatakan bahwa ada berbagai kegiatan kerja sama pendidikan yang dapat dilakukan antara Unpad dengan universitas-universitas di Skotlandia ini. Kerja sama yang dilakukan tidak hanya dapat melibatkan mahasiswa, tetapi juga dosen dan tenaga kependidikan.

“Semoga ada peningkatan kolaborasi internasional, khususnya antara Unpad dengan universitas di Skotlandia karena kita juga perlu memperluas jaringan ke negara ini. Mudah-mudahan internasionalisasi Unpad semakin membaik dan kita semakin dikenal di mata dunia sebagai institusi pendidikan yang berkualitas,” harapnya. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh*

Share this: