Mahasiswa Unpad Siap Tampil di Pimnas XXVI di Universitas Mataram

[Unpad.ac.id, 6/09/2013] Delegasi Unpad siap tampil berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI yang akan berlangsung di Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat 10-13 September 2013 mendatang. Delegasi yang beranggotakan 9 kelompok ini diharapkan dapat meraih prestasi minimal sama dengan yang diraih Unpad pada penyelenggaraan Pimnas sebelumnya.

Delegasi Unpad yang akan tampil di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI di Universitas Mataram, 10-13 September 2013 (Foto: Dadan T.) *

Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, MSc., mengatakan, meskipun jumlah kelompok yang lolos seleksi dan mendapatkan undangan dari Ditjen Pendidikan Tinggi Depdikbud lebih sedikit dari yang tampil di Pimnas tahun sebelumnya namun prestasi yang diraih diupayakan minimal sama dengan raihan tahun sebelumnya.

“Melalui pembekalan ini, kita harapkan mahasiswa jadi lebih siap menghadapi Pimnas XXVI nanti. Persiapannya menjadi lebih optimal dan meraih prestasi yang lebih baik dibanding sebelumnya, paling tidak sama raihannya dengan sebelumnya,” ujar Heryawan Kemal saat ditemui di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Jumat (6/09).

Selama tiga hari pada tanggal 3, 4, dan 6 September 2013, seluruh mahasiswa delegasi Unpad yang akan tampil di Pimnas XXVI memperoleh pembekalan agar bisa lebih optimal menghadapi kompetisi nanti. Mereka dibimbing oleh para dosen Unpad, diuji, dan diberi arahan bagaimana mempersiapkan presentasi dan menghadapi pertanyaan para penguji nanti.

“Pembekalan ini bermanfaat sekali, banyak materi baru, teknik persiapan, sampai sikap disiplin yang diajarkan. Kegiatan ini membuat kami lebih profesional dan bisa membayangkan seperti apa kompetisi di sana nanti,” ujar Mangasa Paruhum Lumbantobing, salah satu mahasiswa yang menjadi delegasi Unpad.

Mahasiswa lainnya, Binar Mahatni Putri, pun mengaku menjadi lebih siap menghadapi Pimnas setelah mengikuti pembekalan selama tiga hari itu. “Banyak saran yang kami peroleh untuk memperbaiki materi yang kami sajikan. Kami merasa jadi lebih matang dalam menghadapi Pimnas,” ujarnya.

Pada Pimnas XXVI di Universitas Mataram NTB ini, Unpad berhasil meloloskan 9 kelompok, terdiri dari 4 kelompok di Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), 4 kelompok di Program Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta, dan 1 kelompok di Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian (PKMP). Tahun lalu di Pimnas XXV di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Unpad meloloskan 15 tim dan meraih satu penghargaan setara emas, tiga penghargaan setara perak, dan dua penghargaan setara perunggu. *

Laporan oleh: Erman *