Mendikbud Janjikan Beasiswa bagi Para Juara Pimnas XXVI

[Unpad.ac.id, 10/09/2013] Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammad Nuh, menjanjikan beasiswa studi lanjutan bagi para juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Apresiasi ini diharapkan dapat memotivasi seluruh mahasiswa Indonesia untuk berlomba dalam kreatifitas karya ilmiah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhammad Nuh, saat membuka Pimnas XXVI di Mataram. Mendikbud didampingi Gubernur NTB, M. Zainul Majdi, Rektor Universitas Mataram, Prof. H. Suhardi, dan Dirjen Dikti, Prof. Djoko Santoso (Foto: Erman)*

“Sebagai salah satu wujud apresiasi, kementerian akan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang menjadi juara di Pimnas ini. Bagi mereka yang sedang belajar di Diploma 3, akan diberi beasiswa untuk melanjutkan ke Diploma 4 atau S-1. Bagi mereka yang sedang belajar di S-1, akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan studi ke S-2,” ujar Mendikbud saat membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI di Universitas Mataram, Jl. Majapahit Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (10/09).

Pembukaan tersebut dihadiri pula oleh Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi, serta Rektor Universitas Mataram, Prof. H. Sunarpi, sebagai tuan rumah. Usai meresmikan pembukaan Pimnas XXVI, Mendikbud melihat-lihat lokasi Presentasi Poster para peserta di Auditorium Universitas Mataram.

Dalam sambutan pembukaannya, Mendikbud mengatakan, Pimnas diselenggarakan untuk membangun tradisi keilmuan. Sebagai kaum cendikia, mahasiswa diharapkan dapat kreatif dalam menciptakan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Pimnas juga diselenggarakan untuk membangun tradisi berprestasi. Menurut Mendikbud, jumlah mahasiswa di Indonesia tidak mencapai 6 juta orang. Dari jumlah kurang dari 6 juta mahasiswa tersebut, tidak semua bisa mampu berprestasi.

“Para peserta Pimnas ini adalah mereka yang mampu menunjukkan prestasinya. Kalian harus bangga menjadi mahasiswa yang berprestasi. Untuk itu, agar setiap anak bangsa berlomba-lomba menunjukkan prestasinya, diperlukan tradisi apresiasi. Semoga apresiasi beasiswa ini bisa memberi motivasi bagi para mahasiswa,” ujar Mendikbud.

Sementara Rektor Universitas Mataram menjelaskan, Pimnas XXVI ini diikuti oleh 106 perguruan tinggi dari 28 provinsi di Indonesia. Jumlah peserta mencapai hampir 2.000 mahasiswa, dan mereka akan mempresentasikan 400 karya ilmiah yang telah disaring dari 30 ribu karya ilmiah yang masuk untuk mengikuti seleksi Pimnas.*

Laporan oleh: Erman

[nggallery id=73]