Sudah Tampilkan yang Terbaik, Delegasi Unpad Berharap Hasil Bagus di Pimnas

[Unpad.ac.id, 11/09/2013] Pada hari pertama pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI, Selasa (10/09) kemarin, sejumlah mahasiswa Unpad telah tampil mempresentasikan karya ilmiah mereka di depan juri dan peserta lain. Sebagian lainnya akan tampil di hari kedua Rabu (11/09) ini. Mereka yang tampil mengaku telah memberikan upaya terbaik.

Salah satu kelompok mahasiswa Unpad sedang melakukan presentasi di depan juri dan peserta Pimnas XXVI di Universitas Mataram (Foto: Erman)*

“Dalam presentasi tadi, pertanyaan juri lebih mengarah kepada istilah terapi di produk kami. Tapi kami bisa memberikan penjelasannya. Presentasi juga berjalan lancar, tidak ada kendala berarti. Kami sudah memberikan yang terbaik, semoga hasilnya bagus,” ujar Rakean Hafidz Suardaya, yang bersama Fathirohmah OD dan Siti Aska, tampil di Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) dengan produk “Chasimpy, Menghirup Laba Wangi Kamper Seni Aromaterapi”.

Peserta PKMK dari Unpad yang juga tampil kemarin adalah presentasi produk “Tomcat (Take Your Comfortable Waistcoat), Rompi Penghangat Herbal Beraroma Terapi sebagai Sahabat dan Pelindung bagi Pengendara Motor” yang dibawakan oleh Entri Aprilia, Fajar Farhan Muhtasir, Lenny Komariyah Suparno, dan Tiara Dwinda Pratiwi.

“Sedikit ada kesulitan saat slide sempat maju secara otomatis, tapi bisa kami tangani sehingga juri tidak terlalu ngeh. Secara umum, kami tidak ada kendala saat presentasi,” ujar Fajar.

Sementara salah seorang dosen pendamping, Dr. Cukup Mulyana, MA., mengaku senang melihat penampilan mahasiswa bimbingannya. Dr. Cukup mendampingi tim PKMK “Q-Art Code, Cinderamata dengan Pesan Rahasia: Memanfaatkan Teknologi Quick Response Code sebagai Peluang Usaha dalam Industri Kreatif di Indonesia”.

“Sesuai dengan rencana, artinya mereka tampil sebagaimana telah dipersiapkan sebelumnya. Secara umum bagus, dan semua pertanyaan juri bisa terjawab dengan baik. Tim kami bahkan tampil beda dengan memberi sedikit drama singkat dalam presentasi sehingga lebih menarik,” ujar Dr. Cukup.

Lebih lanjut ia mengatakan, semoga timnya memperoleh hasil yang bagus dengan memperoleh salah satu penghargaan yang diperebutkan dalam kompetisi ini. Lebih jauh lagi, dia pun berharap karya para mahasiswa ini dapat menjadi bisnis nyata yang memberikan keuntungan bagi pengelolanya.

Sikap optimistis juga dikatakan Dr. Ir. Iman Hernaman MSi., koordinator peserta Pimnas Unpad. Dr. Iman melihat bahwa semua peserta telah melakukan tugasnya sesuai prosedur, artinya telah mengikuti persiapan, pembekalan, dan presentasi secara optimal. Meski begitu, Dr. Iman menilai bahwa Unpad perlu melakukan pembinaan di awal lebih intensif lagi.

“Kita perlu membangun sistem yang bisa mendukung kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa ini. Jika sistem sudah jalan maka kegiatan PKM ini bisa menjadi budaya, dan kita tidak akan kekurangan karya ilmiah mahasiswa yang bagus,” ujar Dr. Iman. *

Laporan oleh: Erman