Unpad Raih Satu Perak di Pimnas XXVI

[Unpad.ac.id, 12/09/2013] Universitas Padjadjaran meraih satu penghargaan setara perak di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI Tahun 2013. Penghargaan tersebut diraih tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan dengan karya “Q-Art Code: Cinderamata dengan Pesan Rahasia, Memanfaatkan Teknologi Quick Response Code sebagai Peluang Usaha dalam Industri Kreatif di Indonesia”. Juara umum Pimnas XXVI diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Tim PKMK “Q-Art Code” yang meraih penghargaan setara perak foto bersama dengan dosen pendamping, Dr. Cukup Mulyana, dan Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., di halaman Rektorat Universitas Mataram (Foto oleh: Erman)*

Pimnas XXVI ditutup oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Agus Subekti, MSc., PhD., di halaman Rektorat Universitas Mataram, Jln. Majapahit Mataram, NTB, Kamis (12/09) malam. Sementara tuan rumah penyelenggara Pimnas tahun depan masih akan ditentukan kemudian karena ada dua nominasi tuan rumah.

“Ada dua calon tuan rumah penyelenggara Pimnas tahun depan, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Universitas Diponegoro Semarang. Keputusannya masih akan menunggu survei kelayakan yang akan dilakukan. Kepada calon tuan rumah Pimnas 2014, kiranya pelaksanaan yang bagus di Universitas Mataram ini bisa dijadikan contoh,” ujar Prof. Agus Subekti.

Dengan hasil yang diraih kali ini, Unpad tidak berhasil mempertahankan posisi di 10 Besar. Tahun lalu, Unpad berada di 10 Besar dengan raihan satu penghargaan setara emas, tiga penghargaan setara perak, dan dua penghargaan setara perunggu.

“Jika melihat hasil, tentunya ini mengecewakan bagi kita semua. Kita perlu membenahi sistem yang ada. Kita perlu membenahi organisasi kemahasiswaan agar lebih solid lagi sehingga fungsi pendampingan, koordinasi dengan fakultas, fungsi pembinaan, tetap ada. Di bulan-bulan terakhir ini, situasi aktivitas kemahasiswaan memang kurang mendukung,” ujar Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc.

Sementara Dr. Cukup Mulyana, MA., dosen pendamping tim PKMK “Q-Art Code” mengaku senang tim bimbingannya berhasil meraih penghargaan di Pimnas XXVI. Menurutnya, keberhasilan ini karena para mahasiswa memang sudah sangat serius mempersiapkan karya ilmiahnya. “Meraka sudah mempersiapkan semua materi dengan matang, saya hanya sedikit mengarahkan saja. Secara substansi, karya mereka bagus. Saat presentasi juga bagus dengan sentuhan drama,” ujar Dr. Cukup.

Peringkat 10 Besar Pimnas XXVI Tahun 2013
1. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
2. Universitas Airlangga Surabaya
3. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
4. Universitas Brawijaya Malang
5. Institut Pertanian Bogor
6. Universitas Diponegoro Semarang
7. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
8. Universitas Negeri Yogyakarta
9. Universitas Sriwijaya
10. Universitas Negeri Semarang

Laporan oleh: Erman *