Rektor, “Perhatikan Manajemen Kebersamaan, Tidak Ada Dikotomi Universitas dengan Fakultas”

Kegiatan pembekalan bagi Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unpad di RSG Lantai III Gedung Rektorat Unpad Kampus Bandung (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 3/10/2013] Pasca dilantiknya Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unpad pada Selasa (1/10) lalu, digelar kegiatan pembekalan yang dilaksanakan pada Kamis (3/10) ini besok di Ruang Serba Guna Lantai III Gedung Rektorat Unpad Kampus Bandung.

Kegiatan pembekalan bagi Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unpad di RSG Lantai III Gedung Rektorat Unpad Kampus Bandung (Foto: Tedi Yusup)

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, menjelaskan pembekalan ini merupakan ajang untuk meningkatkan kualitas pelayanan Unpad terhadap civitas akademikanya. Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), Unpad memiliki dimensi untuk memberikan jasa kepada masyarakat, melalui ilmu pengetahuan dan pelayanan yang prima.

“Seringkali kita tidak memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa, baik dosen maupun tenaga kependidikannya. Padahal, mahasiswa adalah pelanggan kita,” tutur Rektor saat membuka pembekalan, Kamis (3/10).

Selain itu, Rektor pun memaparkan beberapa tantangan yang mesti dihadapi Unpad ke depan. Guna mewujudkan world class university, kompetisi yang dilakukan pun bukan hanya dengan perguruan tinggi di luar negeri, tapi juga perguruan tinggi negeri maupun swasta di dalam negeri.

Di bidang administrasi publik, masyarakat pun menuntut adanya pelayanan yang dinamis, profesional, dan cepat. Untuk itu dibutuhkan manajemen yang baik untuk meningkatkan pelayanan tersebut. Manajemen tersebut juga harus mencakup kerja sama yang baik antara universitas dan fakultas.

“Kita harus perhatikan manajemen kebersamaan. Tidak ada lagi dikotomi antara universitas dengan fakultas sehingga output-nya adalah pelayanan prima dan good governance,” ujar Rektor.

Diharapkan dengan meningkatkan manajemen tersebut, visi Unpad sebagai universitas unggul dalam penyelenggaraan pendidikan kelas dunia dapat terwujud. Salah satu aspek yang dapat diwujudkan adalah membumikan tridharma perguruan tinggi.

“Tridharma perguruan tinggi itu adalah universitas dapat menghasilkan lulusan bermutu yang mampu mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja, mampu menghasilkan inovasi, dan memberikan kontribusi bagi pemerintahan, industri, dan masyarakat,” kata Rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola Unpad, Prof. Roni Kastaman, ada beberapa materi yang akan disampaikan kepada peserta. Materi tersebut terkait dengan manajemen pelayanan yang diberikan langsung oleh pimpinan universitas.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum, dan Tata Kelola Unpad, Drs., Sudarma, MM., juga mengungkapkan pada dasarnya Dekan dan Wakil Dekan yang telah dilantik diantaranya telah menjabat sebagai Dekan atau Pembantu Dekan sehingga pembekalan ini juga menjadi ajang bertukar pengalaman mengenai tupoksi seorang Dekan dan Wakil Dekan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: