Dua Mahasiswa FTG Unpad Raih Juara I Paper Competition di Universitas Indonesia

Nanda Najih Habibil Afif dan Fikri Abdulah *

[Unpad.ac.id, 18/11/2013] Dua mahasiswa Fakultas Teknik Geologi (FTG) Unpad, Nanda Najih Habibil Afif dan Fikri Abdulah meraih Juara I dalam Paper Competition yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI). Acara tersebut merupakan acara tahunan yang digelar dalam rangkaian Metallurgy and Material`s Week (MnM`s Week) dengan tema “Inovasi Material dan Teknologi untuk Sustainable Energy”. Setiap peserta mengirimkan paper penelitiannya terkait dengan keenergian dunia

Nanda Najih Habibil Afif dan Fikri Abdulah *
Nanda Najih Habibil Afif dan Fikri Abdulah *

Nanda dan Fikri menulis paper berjudul “Minyak Sinchan (Single Chain Non-Sulphurade): Produksi Minyak Hidrokarbon dari Sampah Makanan Hewani (Zoo-Food Trash) berbasis Prinsip Metamorfisme dan Reaksi Ionisasi CaCO3”. Setelah melalui tahap penelitian yang cukup panjang, keduanya pun berhasil menjadi 10 besar finalis nasional dalam acara tersebut.

Adapun universitas lain yang juga berhasil lolos sebagai finalis dalam acara tersebut adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Riau, dan Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Grand final acara tersebut diselenggarakan di Ruang Multimedia Engineering Centre, FT UI pada tanggal 15-16 November lalu.  Dalam acara tersebut para finalis melakukan presentasi di hadapan 4 dewan juri yang merupakan profesor peneliti dari LIPI serta dosen dari FT UI. Setelah melakukan presentasi dengan durasi 10 menit, selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab terkait penelitian mereka selama 20 menit.

Hasil akhir kompetisi tersebut menobatkan tim FTG Unpad sebagai Juara I MnM`s Week 2013. Sementara  Juara 2 dan 3 diraih oleh tim FT Universitas Brawijaya Malang. “Kompetisi ini menurut saya sangat ketat. Beberapa dari mereka melakukan riset di bidang nano-energy. Juri-jurinya juga sangat kritis”, ujar Nanda.*

Rilis: Sub Bagian Akademik FTG Unpad/am

 

Share this: