Mahasiswa Unpad Hibahkan 17 Ribu Buku ke Beberapa Perpustakaan

Unpad students hand in books to several librarians of correctional facility for women in the rectorate building in Jatinangor on Tuesday (12/11).

[Unpad.ac.id, 12/11/2013] Sebagai sumbangsih civitas Unpad kepada masyarakat, Unpad menghibahkan sebanyak 17.000 buku ke berbagai perpustakaan sekolah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di sekitar Bandung, Kab. Sumedang, Kab. Tasikmalaya dan perpustakaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Wanita Klas I Sukamiskin, Bandung. Hibah buku ini diserahkan secara simbolis kepada beberapa pengelola perpustakaan dan TBM di Bandung dan Kabupaten Sumedang pada pembukaan Pameran Karya dan Produksi Ilmiah Dosen Unpad di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (12/11).

Mahasiswa Unpad meneyrahkan secara simbolis hibah buku kepada pengelola perpustakaan Lapas Wanita Sukamiskin Bandung di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (12/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Mahasiswa Unpad menyerahkan secara simbolis hibah buku kepada pengelola perpustakaan Lapas Wanita Klas I Sukamiskin Bandung di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (12/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Saat membuka pameran dan hibah buku ini, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola Unpad, Prof. Dr. Ir. H. Roni Kastaman, MSIE., berharap pameran hasil karya dosen dan hibah buku ini menjadi support tumbuh kembang ilmu pengetahuan dan diseminasi informasi di masyarakat. “Semoga ini membawa kebaikan bagi kita semua, termasuk kemajuan bagi bangsa Indonesia,”ujarnya.

Buku yang disumbangkan tersebut berasal dari sumbangan mahasiswa baru Unpad angkatan 2013/2014 yang dikumpulkan pada prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad beberapa waktu lalu yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unpad. Pada tahun ini, selain pemberian buku, Unpad juga memberikan pelatihan kepada para pengelola perpustakaan dan TBM tersebut mengenai pengelolaan buku. Yang menjadi pemateri pada pelatihan tersebut adalah para dosen dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad. Pada pelatihan ini, para peserta juga diberi software mengenai pengelolaan buku hasil karya dosen Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad, Kusnandar, S.Sos., M.Si.

Menurut Ketua Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fikom Unpad, Wina Erwina, Dra., MA., pada pelatihan tersebut, para peserta akan diberi materi mengenai Pengenalan tentang Buku, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat serta Pengolahan Koleksi Berbasis Sistem.

Pada Pameran Karya dan Produksi Ilmiah Dosen Unpad ini, masing-masing fakultas dan beberapa lembaga di lingkungan Unpad memamerkan hasil karyanya. Selain itu, Dharma Wanita Unpad, dan Kelompok Wirausaha Mahasiswa Unpad juga turut memeriahkan pameran tersebut. Pameran ini selain bertujuan untuk memamerkan hasil karya civitas Unpad dalam rangka Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dan Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia (SKIM) XIII.  Pameran tersebut akan berlangsung pada Selasa-Kamis (12-14/11) di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. *

Laporan oleh: Marlia / eh*

Share this: