Prof. drg. Tet Soeryati Soeparwadi, SpBM Wafat di Usia 83 Tahun

Faculties and staff pay homage to the deceased at Al Jihad Mosque on Monday (25/11)

[Unpad.ac.id,25/11/2013] Unpad kembali kehilangan salah seorang dosen terbaiknya. Prof. drg. Tet Soeryati Soeparwadi, Sp.BM., Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad telah berpulang ke rahmatullah pada usia 83 tahun 7 bulan Minggu (24/11) di RS Boromeus pukul 13.25 WIB. Prof. Tet Soeryati merupakan tokoh perkembangan bedah mulut di Indonesia.

Keluarga besar Unpad memberi penghormatan terakhir pada almarhumah Prof. drg. Tet. Soeryati Soeparwadi, Sp.BM di Masjid Al Jihad Unpad, Senin (25/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Keluarga besar Unpad memberi penghormatan terakhir pada almarhumah Prof. drg. Tet. Soeryati Soeparwadi, Sp.BM di Masjid Al Jihad Unpad, Senin (25/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Sebagai bentuk penghormatan kepada almarhumah, Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, dan segenap civitas akademika Unpad melakukan upacara pelepasan pada Senin (25/11) di Masijd Al Jihad Kampus Unpad Bandung pada pukul 8.00 WIB.

Dekan FKG Unpad, Prof. Dr. H. Eky Soeria Soemantri, drg. Sp.Ort (K) ketika ditemui mengungkapkan, almarhumah dikenal sebagai tokoh dari perkembang bedah mulut, baik itu di FKG Unpad maupun di Indonesia. Tak heran apabila guru besar kelahiran Bandung 24 April 1930 ini banyak mendapat penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Hal tersebut dibenarkan oleh Rektor. Selain menjadi tokoh perkembangan bedah mulut di Indonesia, almarhum pun merupakan dekan perempuan pertama dalam sejarah Unpad. Tercatat, almarhum pernah 2 kali menjabat sebagai Dekan FKG Unpad, yaitu pada periode 1969 – 1971 dan tahun 1982 – 1985.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan, selain aktif di dunia pendidikan dengan mencapai gelar guru besar, almarhumah pun aktif di lingkungan organisasi dan sosial. Aktivitas tersebut beliau tunjukkan dengan menjadi Ketua Umum Yayasan Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) hingga akhir hayatnya.

Yayasan tersebut merupakan yayasan sosial non profit yang bergerak di bidang sosial medis dengan tujuan utamanya adalah membantu penderita kelainan celah pada bibir dan langit-langit dari keluarga tidak mampu.

“Ini adalah satu contoh betapa seorang ibu yang bisa memimpin, seorang ibu yang bisa mengembangkan bidang keilmuannya dan seorang ibu yang aktif di dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami sangat merasa kehilangan,” ujar Rektor.

Rektor pun berpesan kepada seluruh civitas akademika Unpad untuk tetap melanjutkan cita-cita almarhumah. “Selamat Jalan Prof. Tet. Terima kasih atas darma baktimu untuk Universitas Padjadjaran,” tutup Rektor.

Selesai upacara pelepasan, almarhumah pun langsung diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhirnya di Pemakaman Keluarga di Karasak, Soekarno Hatta,Bandung.

Selamat jalan Prof. Tet Tet Soeryati Soeparwadi. Unpad akan selalu mengenang pengabdianmu.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Share this: