Syarat Ambil Ijazah, Peserta Wisuda Wajib Isi Tracer Study

[Unpad.ac.id, 5/11/2013] Mulai Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2013-2014 ini, seluruh wisudawan diwajibkan mengisi Tracer Study sebagai syarat pengambilan ijazah. Pengisian Tracer Study tersebut dilakukan di laman http://alumni.unpad.ac.id/tracer/ dengan cara login menggunakan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM). Pengisian Tracer Study tersebut telah dapat dilakukan mulai Selasa (5/11) ini. Pengisian Tracer Study ini ditujukan khususnya untuk lulusan tahun 2009-2013.

Logo Unpad *

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., di hadapan calon wisudawan pada acara Gladi Resik Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2013-2014 di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (4/11).

Pengisian Tracer Study ini bertujuan untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja; menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja; membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi.

Menurut Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr. H. Isis Ikhwansyah, SH.,MH., CN., yang ditemui pada Senin (4/11) di Gedung 2 Unpad, Jl. Dipati Ukur Bandung, pengisian ini diharapkan dapat mendeteksi seorang lulusan Unpad bekerja di mana, dapat membangun komunikasi ke depan dalam rangka membangun jaringan dengan alumni dan membangun kebutuhan skill market.

Tracer Study ini juga menjadi bagian dari penilaian akreditasi institusi. Dari situ kita juga bisa tahu rata-rata masa tunggu lulusan Unpad untuk mendapat pekerjaan. Dari survei yang mereka isi, bisa juga dijadikan masukan untuk pengembangan kurikulum di fakultasnya,” jelas Dr. Isis.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si., selaku Ketua Career Development  Unpad, tracer study tersebut berisi mengenai biodata lulusan, pengalaman pekerjaan dan penilaian terhadap kurikulum selama kuliah di Unpad. Kurang lebih 100 pertanyaan yang terdiri dari multiple choice dan isian yang harus diisi oleh lulusan Unpad. Untuk menyosialisasikan pengisian tracer study ini, pihaknya telah mengirimkan email kepada para lulusan Unpad selaku responden.

Tracer study ini sudah sesuai dengan standard nasional dan internasional yang sudah disetujui oleh Dikti,”ujar Gatot.

Ia juga menambahkan bahwa Tracer study ini akan dianalisa secara berkala untuk mengetahui penilaian alumni terhadap kurikulum dan sejauh apa kurikulum tersebut mempengaruhi pekerjaan alumni tersebut.  Hal ini akan sangat berpengaruh pada pengembangan kurikulum untuk lulusan Unpad di masa datang.

“Dua tahun sekali akan diamati, dianalisa termasuk dari kurikulumnya berdasarkan umpan balik dari alumni tersebut. Selain survei kepada alumni, perusahaan tempat bekerja pun nanti akan disurvei, dimintai penilaian terhadap lulusan Unpad di perusahaannya tersebut. Misalnya ditanya mengenai loyalitas dan integritas terhadap perusahaan, penguasaan ketrampilan yang digunakan di pekerjaan dan sebagainya,” jelas Gatot yang juga Wakil Dekan II FMIPA Unpad ini.

Bagi alumni yang tidak bisa login karena NPM/token yang dimasukkan dianggap tidak valid, silakan menghubungi Tim Tracer Study melalui e-mail alumni@unpad.ac.id dengan mencantumkan nama lengkap dan NPM. *

Laporan oleh: Marlia / eh *

Share this: