Lises Unpad Suguhkan Diskusi Tari Topeng dan Pasanggiri Pencak Silat

Aksi penari dalam oratorium Palagan Bubat pada Sabtu, (30/11) di lapangan basket Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor *

[Unpad.ac.id, 7/12/2013] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkung Seni Sunda (Lises) Unpad yang bergerak dalam pelestarian seni dan budaya Sunda menyelenggarakan acara “Ngarumat Budaya, Topeng jeung Pencasilat”’ (Rumpaka), yang bertema ‘paheuyeuk-heuyeuk leungeun nanjeurkeun budaya Sunda’ pada Kamis dan Sabtu (28-30/11) lalu.

Aksi penari dalam oratorium Palagan Bubat pada Sabtu, (30/11) di lapangan basket Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor *
Aksi penari dalam oratorium Palagan Bubat pada Sabtu, (30/11) di lapangan basket Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor *

Dhinar, ketua pelaksana Rumpaka mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai bukti kepedulian Lises Unpad terhadap keberadaan seni dan budaya Sunda.

Rumpaka memiliki tiga rangkaian acara yakni Talkshow Kesenian Tari Topeng Jawa Barat yang telah dilaksanakan pada Kamis (28/11), Pasanggiri Pencak Silat Tingkat SD dan SMP se-Bandung Raya yang diselenggarakan pada Sabtu (30/11) dan Oratorium Palagan Bubat pada Sabtu (30/11) lalu.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa Talkshow Kesenian Tari Topeng Jawa Barat diselenggarakan di Auditorium Bale Santika Kampus Unpad, Jatinangor. Talkshow Kesenian Tari Topeng Jawa Barat adalah hasil dari dokumentasi budaya mengenai Tari Topeng di tiga daerah Jawa Barat yaitu Cirebon, Sumedang, dan Bekasi. Ekspedisi Topeng ini telah diselenggarakan pada 15-28 Juli 2013 lalu oleh anggota Lises Unpad.

Talkshow ini menghadirkan pembicara dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) yang juga merupakan pemerhati kesenian Tari Topeng, Toto Amsar. Dalam talkshow ini, anggota Lises menampilkan hasil latihan tari selama ekspedisi.

Sementara itu, Pasanggiri Pencak Silat dilaksanakan di Lapangan Futsal Bale Santika Unpad, Jatinangor. Pasanggiri ini diikuti oleh pelajar tingkat SD dan SMP se-Bandung Raya.  Terdapat sekira 80 peserta yang mengikuti pasanggiri ini yang membuat suasana lapangan futsal Bale Santika semakin hidup.

Acara puncak pada kegiatan Rumpaka ini adalah Oratorium Palagan Bubat yang diselenggarakan di Lapangan Basket Bale Santika Unpad Jatinangor. Penari dan pemain musik pada Oratorium Palagan Bubat merupakan anggota dan alumni dari Lises Unpad.

Naskah Palagan Bubat ini ditulis oleh Wa Kabul dan disutradarai oleh Apep AS Hudaya, yang pernah menjadi “Penyaji Terbaik” dan “Catur Terbaik” Festival Wayang Indonesia Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Yogyakarta, Desember 2008.

Menanggapi kegiatan Rumpaka ini, Toto Amsar mengaku bangga dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Lises Unpad. “Saya bangga! Teruskan,” ungkap Toto.

Rilis oleh: Lises Unpad/mar

Share this: