Sebanyak 104 Tim dari Seluruh Indonesia Ikuti U-Camaintian 2013

Suasana kompetisi U-Camaintian 2013 di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Minggu (8/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 8/12/2013] Universitas Padjadjaran kembali menggelar kegiatan U-Camaintian atau Unpad Catur Main Bertiga Bergantian. Kegiatan tahunan yang telah memasuki tahun ke-3 ini diikuti oleh 104 tim dari berbagai daerah di Indonesia. Keseruan catur beregu sesungguhnya ini semakin membuncah tatkala perlombaan yang memerlukan konsentrasi dan kerjasama tim ini dimulai di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Minggu (8/12).

Suasana kompetisi U-Camaintian 2013 di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Minggu (8/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana turnamen U-Camaintian 2013 di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Minggu (8/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

U-Camaintian merupakan turnamen catur unik yang digagas oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia. Rektor membidik acara tahunan ini menjadi salah satu ikon Unpad. “Mudah-mudahan ini menjadi ikon Unpad di nasional dalam bidang olah raga,”kata Prof Ganjar saat ditemui di sela-sela acara.

Sambutan diberikan oleh Ketua Pengurus Daerah Percasi Jawa Barat, Agus Subandrio. Ia menyampaikan apresiasinya kepada Unpad yang telah melaksanakan turnamen catur ini secara konsisten. Ia berharap U-Camaintian ini akan berlanjut sampai yang ke-4 dan seterusnya. Ia juga menambahkan, dengan penyelenggaraan U-Camaintian tingkat nasional ini, Unpad menjadi tujuan pemain catur dari berbagai daerah.

“Saat ini Unpad menjadi tujuan pemain catur dari berbagai daerah,”ungkap Agus Subandrio.

Ketua pengarah kegiatan U-Camaintian 2013, Ir. Marsetio, M.P, menjelaskan, peserta terdaftar berjumlah 104 tim.  Selain dari perwakilan daerah, peserta juga berasal dari masyarakat umum di sekitar Bandung, bahkan dari berbagai kalangan. Bukan hanya mereka yang menjadi pentolan dalam bidang catur, tapi anak kecil sekalipun turut antusias.

Sebanyak 104 tim yang terdaftar  sama halnya dengan 52 meja pertandingan yang terisi. Jumlah ini sebenarnya dibawah target panitia yang menargetkan 56 meja pertandingan yang disesuaikan dengan dies Unpad ke-56. Menurut Marsetio, hal tersebut dikarenakan sedang ada turnamen catur internasional.

“Dibanding tahun lalu, dari segi jumlah memang jauh meningkat, tapi pecatur Grand Master banyak yang tidak ikut karena sedang ada turnamen di Dubai,”kata Marsetio.

Acara dimulai sejak pukul 9.00 dan  dibuka oleh Direktur Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc. *

[nggallery id=94]

Foto-foto oleh: Tedi Yusup (Humas Unpad)

Peringkat “20 Besar” Juara Turnamen U-Camaintian 2013

  1. Percasi Jabar
  2. Pengcab Percasi Kota Cimahi
  3. Jenius Chess Club A
  4. Cakrawala
  5. Cawang A
  6. Pengda Percasi Papua
  7. Kecamatan Cangkuang
  8. Tiga Serangkai
  9. Percagros
  10. Pengcab Percasi Kab. Sukabumi
  11. Jayakarta Muda
  12. Raja Kemayoran DKI
  13. Scth Cianjur
  14. Bidak Utara
  15. Revansen
  16. Karya Sinar Utama B
  17. Genta Komputer Catur
  18. Mampang Jaya Chess Club
  19. Sctp
  20. Pion Cerdas Percaba A

Laporan oleh: Septi Nurdiyanti / eh *

Share this: